Jalan Rusak, Seorang Warga Meninggal Saat Menuju Rumah Sakit

Sekadau

Editor Soetana hasby Dibaca : 1547

Jalan Rusak, Seorang Warga Meninggal Saat Menuju Rumah Sakit
Ilustrasi
SEKADAU, SP – Puluhan massa dari Dusun Sukadani dan Penepah, Desa Perongkan, Kecamatan Sekadau Hulu, Senin (30/1), melakukan aksi protes di gedung DPRD Sekadau. Mereka mengecam tidak adanya perhatian pemerintah atas kondisi jalan rusak di wilayah mereka.

Aksi ini dipicu atas meninggalnya seorang warga saat akan dibawa ke rumah sakit dengan sepeda motor, dan seorang bayi yang baru dilahirkan tak sempat dibawa ke rumah sakit, akibat kondisi jalan yang rusak parah. 

Kepala Desa Perongkan, Heryono menuturkan, seorang warganya tengah mengalami sakit meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit. Jalan yang rusak parah, mengakibat upaya membawa warga yang sakit dilakukan dengan sepeda motor dan mengikatnya pada pengemudi.

Di tengah perjalanan, kata Haryono, korban minta berhenti dan akhirnya meninggal dunia.

“Karena jalan yang hancur, warga membawa orang sakit dengan kondisi yang tidak layak. Minta istirahat dan menghembuskan napas terkahir,” kata Haryono.

Akibat infrastruktur jalan rusak parah, seorang ibu yang melahirkan, Minggu (29/1) malam, tak dapat dibawa ke rumah sakit. Bayi yang baru lahir itu akhirnya meninggal dunia.

“Karena (melahirkan) malam hari, tidak mungkin dibawa saat itu juga. Apalagi dengan kondisi jalan. Maka mau menunggu pagi, tapi anaknya tidak bia diselamatkan dan meninggal,” ujar Haryono saat berunjuk rasa di DPRD Sekadau.

Kepala Desa Perongkan berharap DPRD segera menindaklanjuti tuntutan warga kedua dusun. “Kami berharap ada perhatian dari pemerintah . Pada dasarnya masyarakat hanya minta jalan yang layak untuk dilewati,” tegasnya.

Menanggapi tuntutan massa,  Wakil Ketua Komisi B DPRD Sekadau Liri Muri menyatakan akan merespons tuntutan warga.

“Aspirasi dari masyarakat akan segera kami tindaklanjuti,” imbuh Liri. (akh)

Baca Juga:
Toy, Tersangka Inses Dijerat Pasal Pembunuhan
Polisi Ungkap Keterlibatan Kadus Pedalaman Dalam Aksi Kejahatan
Ide Bangun Tugu Kuntilanak, Ini Komentar Asita Kalbar