KBSM Fisip Untan Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 1089

KBSM Fisip Untan Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba
KBSM – Bupati dan Wakil Bupati Sekadau hadir dalam acara pembukaan Kegiatan Baksi Sosial Mahasiswa (KBSM) Fisip Untan Pontianak, di Rumah Betang Youth Center, Senin (8/5) pagi. Agenda tahunan mahasiswa itu diharap dapat memberikan dampak positif kepada ma
Ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa (KBSM) di Desa Pantok, Kecamatan Nanga Taman, Sekadau, mulai Senin (8/5). Kegiatan itu sebenarnya memang merupakan agenda tahunan mahasiswa untuk mengabdikan diri kepada masyarakat secara langsung.  

Di Sekadau, KBSM disambut baik Bupati Rupinus. Dia berharap, kegiatan itu dapat langsung bermanfaat kepada masyarakat setempat. “Pemerintah daerah menyambut baik kegiatan ini, kami tentu membantu semampunya,” kata dia, saat ditemui usai kegiatan pelepasan KBSM di Rumah Betang Youth Center, Senin (8/5) pagi.


Rupinus menjelaskan, bakti sosial itu akan diisi dengan berbagai kegiatan penyuluhan baik itu tentang pendidikan dan lain sebagainya. Tentu, hal itu juga sebagai ajang untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat. “Harapannya masyarakat bisa memahami apa nantinya disampaikan oleh mahasiswa dalam berbagai penyuluhan. Berharap kegiatan itu berjalan baik dan sukses,” harapnya.

Selain itu, kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah. Selain itu tentunya bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri. “Untuk menambah pengalaman dan sebagainya,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III FISIP Universitas Tanjungpura Pontianak, M Sabran Achyar mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan penutupan selama setahun kegiatan ekstra terutama pengenalan kampus. Ia mengatakan, kali ini yang menjadi daerah sasaran yaitu Desa Pantok, Kecamatan Nanga Taman yang diikuti sebanyak 167 orang.

“Misinya tentu, Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa menjadi agen perubahan sosial memberikan pengetahuan kepada masyarakat setempat,” jelasnya. Ia mengatakan, nantinya yang akan kegiatan yang dilakukan terutama kearifan lokal.

Pihaknya, juga akan bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk menggelar gotong-royong. “Ada penyuluhan. Kami juga membawa tim dari FISIP untuk sosialisasi mengenai desa wisata, mengingat Pantok memiliki potensi itu,” ujar dia. Tidak hanya, mahasiswa juga menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba.

“Selain itu penyuluhan narkoba, bagaimana permasalahan narkoba yang juga permasalahan nasioanal. Sehingga masyarakat perlu diberikan pencerahan,” pungkasnya. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sekadau dan Kabag Ops Polres Sekadau. (akhmal setiadi/ang)