Komitmen TP PKK Sekadau Soal Pendidikan

Sekadau

Editor Syafria Arrahman ST Raja Alam Dibaca : 802

Komitmen TP PKK Sekadau Soal Pendidikan
PENDIDIKAN KARAKTER – Sejumlah anak usia dini yang duduk di bangku sekolah dasar tampak kegiarangan. Di Sekadau, TP PKK yang dipimpin Kristina Rupinus menekankan pentingnya memberikan pendidikan karakter sejak usia dini. (PPSDM.COM)
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus, dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Vixtima Heri Supriyanti, mengikuti seminar terkait Pendidikan Nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) di Hotel Sunan Solo, kemarin.

Kegiatan Seminar Pendidikan Keluarga ini dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan diikuti oleh 550 peserta dari berbagai provinsi dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Selain itu, seminar Pendidikan Keluarga ini merupakan kerja sama antara Kementrian Pendidikan, PKK Pusat dan organisasi aksi solidaritas era Kabinet Kerja (OASE). 


Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan seminar pendidikan keluarga ini menurut Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus adalah untuk memberikan pemahaman yang tepat tentang arti pentingnya pendidikan keluarga yang dimulai dari PAUD sampai pada tingkat yang paling tertinggi.

“Memberikan pendidikan kepada anak sejak usia dini memang sangat penting, karena itu adalah pondasi awal karakter anak,” katany. Dari seminar pendidikan keluarga ini, Kristina mengajak para orangtua sejak melahirkan mengasuh dengan kasih sayang, memelihara kesehatan anak, dan  memberi alat-alat permainan dan kesempatan bermain.

Disamping itu Kristina juga berpesan agar menyekolahkan anak sesuai dengan keinginan anak, memberikan pendidikan dalam keluarga, sopan santun, sosial, mental dan juga pendidikan keagamaan serta melindungi tindak kekerasan dari luar. Selain itu, juga memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan dan berpendapat sesuai dengan usia anak.

Melihat perkembangan yang serba modern dan digital ini, saatnya orangtua mengambil peran lebih untuk mengembangkan karakter dan memberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal agar anak menjadi manusia berkualitas dan berdayaguna.

Sementara itu Wakil Ketua PKK Vixtima Heri Supriyanti mengatakan orangtua yang bijaksana akan mengajak anak sejak dini untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Saat itulah, lanjutnya, pendidikan karakter diberikan diberikan kepada si anak.

Yanti juga mengingatkan peran ibu dalam pembentukan karakter ini demikian besar, termasuk juga bapak sebagai kepala keluarga juga harus mampu menjadi teladan yang baik bagi anak-anak. (akhmal setiadi/ant/ang)