Desa Menua Prama Lomba Hias Kemerdekaan hingga Tingkat RT

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 1153

Desa Menua Prama Lomba Hias Kemerdekaan hingga Tingkat RT
HIAS DESA - Umbul-umbul menghiasi suasana Desa Menua Prama, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau. Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, sejumlah desa di Sekadau mengadakan lomba hias nuansa kemerdekaan. SUARA PEMRED/AKHMAL
SEKADAU, SP - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia , sejumlah desa di Kabupaten Sekadau mengadakan lomba hias nuansa kemerdekaan. Hal itu ditunjukan oleh Desa Menua Prama, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau. Pihak desa mengadakan perlombaan hias nuansa kemerdekaan hingga tingkat RT.

"Dalam menyambut hari kemerdekaan, Desa Menua Prama mengadakan perlombaan menghias lingkungannya di tingkat RT," ujar Kepala Desa Menua Pratama, Lasarus, Minggu (6/8). Ia menjelaskan, dalam perlombaan tersebut pihaknya menetapkan apa saja yang akan dilombakan dan akan diberikan penilaian, di antaranya pembuatan gapura, pembuatan pagar dan umbul-umbul.

"Hal itu nanti akan dinilai oleh tim penilaian langsung dari kecamatan, merekalah yang berhak menentukan siapa pemenangnya. Kita bersyukur atas terselenggara perlombaan ini karena animo masyarakat sangat tinggi," ungkapnya. Lasarus menambahkan, selain mendapat dukungan yang kuat dari masyarakat di setiap RT, pihaknya juga didukung oleh sponsorship dari pihak ketiga yang juga sangat antusias mendukung kegiatan ini.

"Kami berharap kegiatan ini berjalan dengan baik, apalagi banyak dukungan dari semua pihak, dan saya pesan kepada semua masyarakat agar di momen kemerdekaan yang ke-72 ini kita harus introspeksi diri apa yang sudah kita buat kepada negara ini, dan ke depan tentu semua elemen masyarakat bisa saling mendukung untuk pembangunan daerah agar bisa berdaya saing tinggi," katanya.

Pada rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2017 ini juga akan ada kegiatan upacara bendera dan permainan rakyat yang nantinya semakin memeriahkan perayaan tersebut. Tak ingin ketinggalan, Kepada Desa Rawak Hulu, Kecamatan Sekadau Hulu, Budi mengatakan, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI ke-72.

"Kami di Desa Rawak Hulu juga akan mengadakan perlombaan rakyat, dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Hal itu dilakukan untuk menghibur masyarakat dalam momen kemerdekaan," ujarnya. Perlombaan rakyat yang diadakan, kata Budi, seperti panjat pinang, tarik tambang, lomba makan kerupuk, dan lainnya.

"Prediksi saya akan ada ratusan warga yang berpartisipasi dalam kegiatan itu, yang akan kita selenggarakan di Lapangan Gapur Rawak. Saya berharap kegiatan ini sukses dan tidak ada kendala," pungkasnya. Sementara itu, pemerhati kearifan lokal Sekadau, Abang Mohd Firman mengatakan, dengan banyaknya kegiatan semarak Kemerdekaan yang dilakukan oleh elemen masyarakat, swasta, pemerintah dan komunitas lainnya, tentu akan berdampak pada perputaran ekonomi.

"Kita lihat saja, setiap perlombaan  pasti ada masyarakat berjualan, terasa atau tidak, pihak penyelenggara kegiatan sudah memberikan ruang dan menciptakan perputaran ekonomi masyarakat, walaupun terlihat kecil namun jika beberapa hari berlanjut jutaan rupiah pasti akan untung," jelasnya.
Menurutnya, pemerintah dan swasta harus melirik hal ini, karena ini merupakan potensi ekonomi masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian.

   "Artinya supaya lebih besar perputaran ekonomi tentu ada suplai dana kegiatan kepada penyelenggara kegiatan," jelasnya. Abang menambahkan, selain dampak ekonomi, masyarakat juga melestarikan budaya gotong-royong dan melestarikan permainan rakyat yang sudah turun menurun dilakukan semenjak kemerdekaan itu dikumandangkan.

"Pelestarian permainan rakyat dan jiwa gotong-royong harus tetap ditanamkan oleh jiwa dan raga masyarakat, apalagi kita masyarakat Indonesia sangat cinta dengan perbedaan dan peduli terhadap sesama," tukasnya. (akh/ind)

Komentar