Pemkab Sekadau Beri Penghragaan ke Lima Desa

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 649

Pemkab Sekadau Beri Penghragaan ke Lima Desa
BAYAR PAJAK – Warga desa saat melakukan pembayaran pajak yang dilakukan di balai desa. Di Sekadau, lima desa mendapat penghargaan karena target pendapatan pajak tercapai 100 persen.
SEKADAU, SP - Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah (BPRPD) Kabupaten Sekadau memberikan penghargaan kepada lima desa yang berhasil menyerap realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 100 persen tahun 2016.

Kepala Bidang Pengelolaan PBB dan
Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) BPRPD Sekadau, Suparmo, lima yang mendapat penghargaan adalah Desa Belitang Satu, Belitang Dua, dan Desa Maboh Permai di Kecamatan Belitang.  

Kemudian Desa Ijuk di Kecamatan Belitang Hulu, dan Desa Mondi di Kecamatan Sekadau Hulu.
"Lima desa itu capaian realisasi pajaknya seratus persen, bahkan ada yang melebihi target pajak," kata Suparmo, Kamis (7/9). Ia berharap pencapaian lima desa tersebut dapat menjadi contoh bagi desa lain di Sekadau agar terus dapat menggugah kesadaran warganya untuk taat akan pajak.

"Saat ini kesadaran masyarakat membayar pajak sudah meningkat. Setiap harinya pelayanan pembayaran pajak di kantor kita mencapai 20 orang, tentu ini berdampak dengan dana perimbangan dari pusat ke daerah kita," ungkapnya. Ke depan, kata dia, pihaknya terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak.

"Sistem penarikan pajak sudah kita lakukan dengan jemput bola, dan setiap tahunnya kita mengadakan Pekan Panutan Pajak. Mudah-mudahan target pajak tahun 2017 bisa tercapai," ujarnya.

Pemerhati kearifan lokal Sekadau, Abang Mohd Firman mengatakan pembayaran pajak masyarakat harus sesuai.
"Karena kita negara hukum dan sumber pendapatan negara dari sektor pajak, artinya jika pajak dimaksimalkan, tentu akan menguatkan perekonomian. Jika sudah kuat maka rakyat akan merasakan perputaran ekonomi," pungkasnya. (akh/jee)

Komentar