Senin, 16 Desember 2019


50 Kelompok Masyarakat Dapat Bantuan KUBE

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 535
50 Kelompok Masyarakat Dapat Bantuan KUBE

Pembukaan Bimtek – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius memberi kata sambutan saat pembukaan Bimtek Penerima Manfaat KUBE PKH di Gedung Ketaketik, Kamis (28/9).

SEKADAU, SP – Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 50 kelompok di Kabupaten Sekadau.

 Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menyambut baik penyaluran KUBE yang disertai dengan bimbingan teknis bagi penerima manfaat KUBE PKH. Jumlah peserta dalam satu orang kelompok terdiri dari lima hingga 15 orang anggota.


 “Mudah-mudahan dengan kelompok yang ada saat ini, ke depan secara bertahap semakin melebar dan terus bersinergi,” ujarnya Aloysius usai pembukaan Bimtek Penerima Manfaat KUBE PKH di Gedung Ketaketik, Kamis (28/9).

Bantuan pusat yang disalurkan tersebut diharapkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan.

“Kategori miskin itu relatif. Namun, ada hal-hal, khususnya KUBE yang perlu capaiannya melalui program dari kelompok itu sendiri,” timpalnya.

Untuk itu, Aloy berharap, kelompok penerima bantuan memiliki inovasi dan inisiatif. Paling tidak, kata Aloy, anggota kelompok tersebut sejahtera.

“Bagaimana kelompoknya bisa mencapai keluarga sejahtera tentunya bantuan yang diterima itu dikelola sendiri, misalnya ternak bagaimana ke depan bisa ternak modern, makanya ini harus merangkul instansi terkait UMKM hingga promosinya nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau, Suhardi menuturkan, berdasarkan data, jumlah penduduk miskin saat ini mencapai 11.970 jiwa.

“Artinya masih banyak masyarakat yang masih membutuhkan bantuan. Tapi setiap tahun angka penduduk miskin turun,” bebernya.

Ia mengatakan, bantuan KUBE PKH yang terima masing-masing kelompok sebesar Rp20 juta. Setiap kelompok nantinya mengelola dana bantuan tersebut untuk berbagai sektor usaha, seperti usaha peternakan dan lain sebagainya.
Dengan diperolehnya bantuan ini, Suhardi berharap masyarakat Sekadau bisa bersaing dengan kabupaten lain di Kalbar.   “Kita juga harap visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Sekadau yakni masyarakat, maju, mandiri dan berdaya saing bisa terwujud” tuturnya. (akh/jee)