Senin, 23 September 2019


Banjir Genangi Desa Tanjung

Editor:

Tajil Atifin

    |     Pembaca: 523
Banjir Genangi Desa Tanjung

Banjir - Banjir yang terjadi di Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir. Ketinggian banjir mencapai satu meter, warga desa masih memilih bertahan di rumah mereka

SEKADAU, SP – Setelah merendam Desa Mahap, Kecamatan Nanga Mahap, banjir juga terjadi di Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir. Kepala Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, Syamsudin menuturkan, dalam dua hari terakhir ketinggian air meningkat. Namun, kata dia, air belum masuk ke dalam rumah warga. 

“Bukan tidak mungkin air akan kembali naik, bila hujan turun terus,” ujarnya, Rabu (11/10). 

Saat ini, kata Syamsudin, ketinggian banjir baru mencapai satu meter dan telah merendam jalan desa. Meskipun telah menggangu aktifitas keseharian warga, namun belum ada satu pun dari mereka yang berinisiatif mengungsi.
“Kondisi banjir tentunya menganggu aktivitas masyarakat. Untuk itu masyarakat kami minta waspada jika sewaktu-waktu air naik, belum lagi akan ada kiriman banjir dari Mahap, Nanga Taman dan Rawak,” tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sekadau, Akhmad Suryadi mengatakan, pihaknya terus memonitor daerah-daerah rawan banjir. Saat ini, kata dia, untuk banjir di Kecamatan Nanga Mahap air berangsur surut. 

“Saat ini perlu diwaspadai banjir kiriman, terutama yang berada di muara Sungai Sekadau, Nanga Taman, Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat selalu waspada, terutama yang berada di daerah rawan banjir.

“Kami mengimbau masyarakat untuk waspada daerah rawan banjir. Saat ini banjir di Mahap sudah mulai surut, tadi pagi (kemarin, red) tim bersama pihak Muspika Kecamatan Sekadau Hilir memonitor daerah banjir seperti di Desa Tanjung,” pungkasnya. (akh/jee)