Selasa, 15 Oktober 2019


Menuju SDM Berkualitas Lewat Kampung KB

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 390
Menuju SDM Berkualitas Lewat Kampung KB

CANANGKAN KAMPUNG KB - Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Tabuk Hulu, Kecamatan Belitang Hulu, Selasa (5/12). Pencanangan tersebut sebagai upaya mewujudkan keluarga sehat, bahagia dan sejahtera. (SP/Akhmal)

Ikhtiar Dorong Percepatan Pembangunan Desa


Wakil Bupati Sekadau, Aloysius 
"(KB) Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itu perlu dilakukan langkah koordinasi lintas sektor dalam integrasi kegiatan yang akan dilaksanankan di Kampung KB"

SEKADAU, SP – Pemerintah Kabupaten Sekadau kembali mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB). Kali ini, pencanangan tersebut dilakukan di Desa Tabuk Hulu, Kecamatan Belitang Hulu, Selasa (5/12). Pencanangan tersebut sebagai upaya mewujudkan keluarga sehat, bahagia dan sejahtera. 

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menuturkan, Kampung KB merupakan salah satu program prioritas sesuai dengan Instruksi Presiden. Program tersebut dilakukan sebagai bentuk investasi program KB yang manfaatnya sangat baik. 

“(KB) Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itu perlu dilakukan langkah koordinasi lintas sektor dalam integrasi kegiatan yang akan dilaksanankan di Kampung KB,” ujar Aloy, sapaannya kepada Suara Pemred, Rabu (6/12).

Aloy menjelaskan, Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Program tersebut, kata dia, sangat erat kaitannya dengan pengendalian pertumbuhan penduduk.

“Sasaran akhirnya bukan hanya masalah jumlah anak, tapi juga mewujudkan keluarga kecil, sehat, bahagia dan sejahtera,” ucap Aloy.

Sebab, masalah kependudukan memiliki aplikasi yang luas terhadap perubahan sosial di segala bidang, di antaranya pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, sandang pangan dan juga berpengaruh pada pembangunan, baik daerah maupun nasional. 

Aloy mengatakan, untuk mewujudkan proram KKBPK tentu harus melibatkan peran serta semua pihak.

“Harapannya melalui pencanangan kampung KB ini terjadi percepatan pembangunan desa di seluruh sektor,” kata Aloy. 

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius. Ia mengatakan, Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria tertentu, terdapat keterpaduan program KKBPK. 

“Dari data yang ada, di Kabupaten Sekadau sudah lengkap tujuh kecamatan ada kampung KB. Satu kampung KB tingkat kabupaten yaitu di Selintah, Kecamatan Sekadau Hulu,” ungkap Vixtima. 

Vixtima berharap, setelah dicanangkan Desa Tabuk dapat menjadi Kampung KB yang sukses. Namun, untuk menjadi sukses tentunya perlu dukungan masyarakat. 

“Keterlibatan aktif dari kades, camat, dinas terkait untuk program pembangunan dan pembinaan serta keterlibatan BKKBN,” kata Vixtima.

Terpacu Kembangkan Potensi 


Kepala Desa Tabuk Hulu, Anton mengatakan, dengan adanya pencanangan tersebut masyarakat semakin terpacu mengembangkan potensi yang ada. 
Anton berharap, adanya pembinaan berkelanjutan sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

“Dengan campur tangan pemerintah dan dukungan masyarakat diharapkan kampung KB ini menjadi mandiri serta terwujud dengan baik,” pungkas Anton. (akh/bah)