Pemkab Sekadau Gelar Musrenbang

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 212

Pemkab Sekadau Gelar Musrenbang
MUSRENBANG – Tampak suasana Musrenbang Kabupaten Sekadau, Selasa (20/3). Agenda tersebut juga dihadiri perwakilan Pemerintah Provinsi Kalbar. (SP/Akhmal)

Prioritas Pembangunan Daerah 2019 Mulai Dirincikan


Pemkab Sekadau telah menyusun agenda prioritas pembangunan daerah tahun 2019. Satu di antaranya adalah program peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar seperti kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan dan peningkatan ketahanan pangan.

SP - “Kemudian meningkatkan produktivitas UMKM, meningkatkan peluang kerja dan usaha. Meningkatkan sarana, prasarana pariwisata dan kepemudaan dan meningkatkan kualitas layanan publik,” kata Bupati Sekadau, Rupinus, dalam Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Selasa (20/3).

Selain itu, ada berbagai persoalan yang perlu perhatian semua pihak sebagai isu pembangunan daerah, yaitu ketersediaan dan kualitas infrastruktur yang belum memadai. Kemudian, kualitas pendidikan dan distribusi guru yang proporsonal.

“Sekadau masih kurang sumber daya manusia (SDM), seperti tenaga guru dan kesehatan. Tapi malah ada yang minta pindah dengan berbagai alasan,” ucapnya.

Selain itu, isu pembangunan daerah yang perlu diperhatikan masih belum berkembangnya sektor hilir dan kualitas petani yang belum menguasai teknologi, serta minimnya dukungan sarana dan prasarana kepariwisataan dan kepemudaan.

“Persoalan-persoalan itu harus memotivasi dan menjadi harapan untuk membangun daerah,” kata dia.

Rupinus mengajak semua pihak untuk memecahkan bersama persoalan pembangunan daerah melalui Musrenbang tersebut. Ia mengatakan, hal itu sangat tergantung pada kesepakatan dan komitmen bersama dan berkelanjutan. Sehingga, arah pembangunan yang akan dilakukan terfokus.

“Pembangunan akan berjalan baik bila didukung dengan data yang valid dan akurat. Kami harapkan Kepala SKPD mempersiapkan data yang dibutuhkan untuk pembangunan,” pintanya.

“Paradigma pembangunan menjadi money follow priority programmer harus benar-benar dilakukan. Prioritas apa yang dikerjakan, jangan banyak-banyak. Jangan semuanya jadi prioritas,” timpalnya.

Pembangunan prioritas, yang benar-benar sangat mendesak. Arah pembangunan pun harus fokus. “Pembangunan yang dilakukan tersebut harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegasnya.

Panitia Penyelenggara Musrenbang Kabupaten Sekadau tahun 2019, Teresia Lili mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan mendapatkan masukan penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah pada masing-masing perangkat daerah. Selain itu, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan dan terjaminnya keterlibatan masyarakat.

“Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah penetapan arah kebijakan, prioritas, pembangunan dan pagu dana berdasarkan urusan perangkat daerah,” ungkapnya.

Lili mengatakan, selain itu hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut daftar prioritas kegiatan yang sudah dipilah berdasarkan sumber pembiayaan baik dari APBD Kabupaten Sekadau, provinsi dan sumber pendanaan lainnya.

“Kemudian daftar usulan kebijakan atau regulasi pada pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat,” pungkasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Kalbar Bidang Ekonomi dan Pengembangan, Ana Veridiana Iman Kalis mengatakan, forum Musrenbang sangat penting. Sebab, kata dia, melalui kegiatan tersebut seluruh pemangku kepentingan dapat menajamkan, menyelaraskan dan klarifikasi.

“Sehingga, tercapai kesepakatan terhadap RKPD Kabupaten Sekadau tahun 2019 yang disusun pemerintah daerah,” ungkapnya.

Ia mengatakan, fokus prioritas program 2019 melalui pengembangan industri hilir berbasis sumber daya lokal. Kemudian, pemantapan pengembangan SDM berkualitas dan pengembangan pusat inovasi.

“Pemantapan sistem konektivitas, peningkatan efisiensi, efektivitas dan responsibilitas pelayanan publik serta penyiapan landasan pembangunan berkelanjutan,” tuturnya. (akhmal setiadi musran/ang)