Cegah Banjir Parit di Jalan Sekadau-Sintang Dinormalisasi

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 312

Cegah Banjir Parit di Jalan Sekadau-Sintang Dinormalisasi
Ilustrasi. Net
SEKADAU, SP – Dinas Pekerjaan Umum Sekadau melakukan normalisasi saluran air atau drainase di Jalan Sintang-Sekadau, Desa Mungguk, Sekadau Hilir, kemarin. Normalisasi menggunakan alat berat ini ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir akibat derasnya hujan dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Bidang Bina Marga PU Sekadau Heri Handoko mengatakan, Pemkab melaui Dinas PU harus bertindak cepat mengatasi banjir.

"Parit, gorong-gorong ini sumbat, serta salurannya menyempit, sedangkan di hulu ini ada danau, jika hujan, danau tersebut tidak mampu menampung air kemudian meluap ke sini,” kata dia.

Maka dari itu, Dinas PU kerjasama dengan Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Sekadau (BPBD) bertindak cepat dengan lakukan pengerokan saluran dan penyemprotan gorong-gorong agar tidak sumbat.

"Untuk sementara Dinas PU hanya lakukan pengerukan saluran saja, untuk penyemprotan gorong-gorong kita serahkan pada BPBD, Jika saluran sudah besar, gorong-gorong lancar kita yakin jalan ini aman dari banjir," ucapnya.

Sementara Sugeng salah satu warga sekitar pengerokan saluran menyampaikan aprisasi kepada Pemerintah Daerah Sekadau melaui dinas terkait cepat tanggap permasalahan lingkungan di masyarakatnya.

"Iya benar saluran gorong gorong ini sumbat, terkait pengerokan parit juga benar, hanya saja jangan asal kerok saja, tapi mesti dilakukan perawatan atau dilakukan pemasangan batu agar tanah tidak longsor menutupi saluaran air lagi," ucapnya.

Beberapa hari ini di Kabupaten Sekadau Sering diguyur hujan pada sore hari, dampak dari itu salah satu tempat jalan masuk Gang Abadi Jalan Sekadau Sintang Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau mengalami banjir. (skd/ang)