Pemkab Gelar FLS2N dan O2SN Tingkat Kabupaten, Instrumen Mengukur Kompetensi Siswa dan Mutu Sekolah

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 244

Pemkab Gelar FLS2N dan O2SN Tingkat Kabupaten, Instrumen Mengukur Kompetensi Siswa dan Mutu Sekolah
PUKUL GONG - Bupati Sekadau, Rapinus memukul Gong sebagai tanda dibukanya Kegiatan FLS2N dan O2SN se Kabupaten Sekadau tahun 2018 di lapangan Ej Lantu Kota Sekadau. Rabu (18/4). (SP/Akhmal)
Pemerintahan Kabupaten Sekadau menggelar kompetisi festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) dan olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) jenjang SD dan SMP tingkat Kabupaten Sekadau , Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Bupati Sekadau di Lapangan EJ Lantu, Kota Sekadau, Rabu (18/4).

SP - Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sekadau, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Kapolres Sekadau, Danramil Sekadau Hilir, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Asisten dan Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau.

Bupati Sekadau, Rupinus menuturkan, kompetisi FLS2N dan O2SN tingkat SD dan SMP merupakan salah satu instrumen mengukur kompetensi siswa dan mutu sekolah. Kompetisi tersebut memberikan perhatian pada kekuatan jiwa dan raga siswa. 

“Selain mengembangkan kreativitas dan prestasi serta mutu sekolah. Ajang ini juga salah satu proses pembelajaran untuk berekspresi, bertindak sportif serta mengaktualisasi diri,” ujarnya. 

Menurutnya, kompetisi tersebut memberikan peluang yang sama kepada semua siswa. Tak hanya itu, ajang tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan layanan pendidikan sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa. 

Rupinus mengatakan, tujuan yang ingin dicapai, yaitu mengembangkan potensi dan kreativitas siswa. Kemudian menumbuhkan watak yang jujur, tekun, cermat dan berpandangan terbuka. 

“Membangun budaya berkompetisi secara sehat, fair dan sportif. Membangun citra sekolah sebagai basis pengembangan rohani dan jasmani, skill dan intelektualitas,” ucapnya. 

“Memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi sesuai dengan minat dan bakatnya serta membangun rasa keberasamaan antar siswa dan sekolah,” timpalnya.

Ia mengatakan, kompetisi tersebut memberikan nuansa yang sangat melekat pentingnya pengembangan potensi dan kreativitas siswa. Sebab, dari sekian banyak siswa tentu diantaranya ada yang memiliki bakat dibidang seni maupun olahraga. 

“FLS2N dan O2SN merupakan barometer kemampuan daerah dalam bidang seni dan olahraga, sehingga dapat bersaing ditingkat provinsi. Dari berbagai riset dan sains, hasil raport dan UN bukanlah segalanya, tapi kompensi dan kejujuran mempunyai peran besar dalam pembentukan karakter, maka dari itusiswa harus memegang teguh dua hal tersebut,” jelasnya.  

Ia juga berpesan kepada panitia dan peserta agar melaksanakan kegiatan dengan jujur, transparan, sportif. Sehingga, tujuan dilaksanakan kompetisi dapat tercapai. 

“Kepada peserta jadikan ajang ini sebagai salah satu wadah strategis utuk merealisasikan paradigma pendidikan karakter. Keteladanan adalah kunci dari pendidikan karakter,” pesannya. 

Kabid Dikdas, Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Gelinus menuturkan, seleksi FLS2N dan O2SN ditingkat Kabupaten Sekadau, tahun ini diikuti jenjang SD dan SMP ditujuh kecamatan yakni, Sekadau Hilir, Sekadau Hulu, Nanga Taman, Nanga Mahap, Belitang Hilir, Belitang dan Belitang Hulu. 

“Tujuan event seleksi tingkat kabupaten ini adalah mengacu pada kegaiatn yang diselenggarakan ditingkat provinsi, mencari pemenang untuk mewakili Kabupaten Sekadau ketingkat provinsi,” pungkasnya. (akhmal setiadi/jek)