FGD Penyusunan Publikasi Sekadau Dalam Angka, Kebijakan Pemerintah Tentukan Program di Berbagai Bidang

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 210

FGD Penyusunan Publikasi Sekadau Dalam Angka, Kebijakan Pemerintah Tentukan Program di Berbagai Bidang
SOSIALISASI - BPS Sekadau menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama pemerintah untuk publikasi Sekadau dalam angka, di Hotel Vinca Borneo, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (19/7). (SP/Akhmal)
Untuk menghasilkan data yang akurat, Badan Pusat Statistik (BPS) Sekadau menggelar focus group discussion (FGD) penyusunan publikasi Sekadau dalam angka, di Hotel Vinca Borneo, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (19/7).

SP - Kepala BPS Sekadau, Hadi Santoso mengatakan,  dalam momen kegiatan ini pihaknya memberikan gambaran kabupaten sekadau dalam sebuah angka.  

"Forum ini kita adakan untuk memberikan informasi kepada Pemerintah dan masyarakat kabupaten sekadau mengenai sekadau dalam angka ini, " ujarnya.  

Menurutnya,  secara data baik IPM,  ekonomi dan Pertanian di Sekadau masih dalam progres pengembangan.  

"Dalam rangka penelitian ataupun pendataan ini nanti hasilnya akan berdampak pada sebuah kebijakan pemerintah untuk menentukan program di berbagai bidang. Dan kami juga berharap pada pemerintah dan masyarakat sekadau agar bisa bersinergis untuk membantu dalam hal pemberian data-data yang diperlukan agar penelitian ink bisa kita publikasikan sesuai standar kerja yang ada di BPS, " ungkapnya. 

Sekda Kabupaten Sekadau, Zakaria memuturkan, kegiatan tersebut merupakan langkah awal kegiatan forum diskusi statistik. Dimana pihak yang terlibat adalah Badan Pusat Statistik (BPS), seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau serta stakeholder terkait. 

Zakaria menjelaskan, publikasi daerah dalam angka (DDA) disusun dengan maksud untuk menyediakan informasi bagi pemkab, masyarakat, akademisi dan pihak swasta. Hal ini sebagai informasi dasar yang digunakan untuk pertimbangan pengambilan keputusan serta sebagai informasi pendukung berbagai penelitian. 

“Kebutuhan Pemda terhadap data dalam publikasi ini tidak hanya penting di daerah tingkat I, tapi juga daerah tingkat II. Khususnya berkaitan langsung dengan ketersediaan dan kualitas data yang disajikan dalam publikasi ini,” ujarnya. 

Untuk mencapai visi, misi terwujudnya Kabupaten Sekadau yang mandiri dan berdaya saing diperlukan pembangunan yang merata, menyeluruh dan tepat sasaran. Zakaria mengatakan, data memiliki peranan yang sangat penting. 

“Pembangunan tanpa didukung dengan ketersediaan data yang baik cenderung akan kurang tepat sasaran,” ucapnya. 

Untuk itu, data dalam konteks pembangunan memiliki fungsi yang sangat strategis. Sehingga, perlu dipahami bersama bahwa data yang akurat bila digunakan dalam perumusan perencanaan tentunya akan menghasilkan rencana pembangunan yang kurang tepat sasaran. Apalagi, jika digunakan dalam perumusan kebijakan yang aspeknya lebih luas lagi. 

“Oleh karena itu, informasi yang ditampilkan dalam DDA perlu ditingkatkan lagi. Baik secara kualitas maupun kuantitas nya,” ungkapnya. 

Kegiatan tersebut, kata dia, bertujuan untuk menghasilkan data yang akurat dan up to date dari masing-masing SKPD. Menurut Zakaria, kegiatan tersebut sangat penting bagi seluruh jajaran pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau. 

“Kegiatan ini juga mengakomodir masukan dari instansi-instansi terkait sehingga dapat meningkatkan ketetapan sasaran data dan mencari solusi dalam meminimalisir berbagai kendala yang mungkin terjadi,” pungkasnya. (akh)