Selasa, 15 Oktober 2019


Dalam Sehari, Tiga Pengedar Narkoba Ditangkap Polisi Sekadau

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 708
Dalam Sehari, Tiga Pengedar Narkoba Ditangkap Polisi Sekadau

Satu di antara tiga terduga pelaku tindak pidana narkotika yang diamankan polisi. (SP/Akmal)

SEKADAU, SP - Satresnarkoba Polres Sekadau menangkap tiga terduga pelaku tindak pidana narkotika, Sabtu (21/7). Ketiganya diamankan secara terpisah di sejumlah tempat di Kecamatan Sekadau Hilir.

Ketiga orang yang diamankan, masing-masing Ismail alias Cangak (36), Dedi Noviandi alias Novi (34) dan Alfonsius Moni alias Dino (33). Saat ini ketiganya telah diamankan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi mengungkapkan, awalnya sekitar pukul 04.30 WIB, pihaknya mengamankan Ismail alias Cangak di depan Pos Lantas, Jalan Mereka, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir. Dia diduga memiliki, menguasai, menyimpan dan membawa narkotika jenis sabu.

“Saat itu petugas sedang melaksanakan razia kendaraan bermotor. Petugas memberhentikan satu unit truk yang melaju dari darah Sanggau menuju Sekadau,” ujar Anggon, Minggu (22/7).

Saat supir diperiksa, ditemukan sejumlah barang bukti narkotika. Adapun barang bukti yang diamakan yaitu lima paket klip diduga sabu, satu sendok sabu dari pipet, tiga korek api dan satu kaleng bekas permen.

Kemudia sekitar pukul 12.30 WIB, Satresnarkoba Polres Sekadau kembali mengamakan seorang pria, yaitu Dedi Noviandi alias Novi. Ia diamankan di salah satu toko modern di Simpang Empat Kayu Lapis, Desa Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir.

Anggon mengatakan, hal itu merupakan pengembangan kasus yang dilakukan oleh petugas. Berdasarkan pengakuan Cangak satu klip sabu merupakan pesanan Novi. Polisi kemudian menyelidikinya.

“Petugas melakukan control delivery. Cangak dan Novi sempat transaksi narkoba, saat itulah petugas mengamankannya,” ungkap Anggon.

Polisi kemudian mengamankan sejumlah barang bukti, seperti satu klip sabu dengan kode A seberat 0,64 gram, satu klip dengan kode B seberat 0,77 gram. Barang bukti lain, yaitu satu klip kecil kosong, satu bungkus rokok, sehelai tisu, satu unit handphone serta satu unit sepeda motor.

Masih dihari yang sama, sekitar pukul 16.00 WIB, Satresnarkoba Polres Sekadau juga mengamankan Alfonsius Moni alias Dino di Jalan Raya Sekadau–Sanggau, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir.

Dari hasil pengembangan polisi, rupanya sabu yang dibawa Cangak juga pesanan Dino. Saat keduanya transaksi narkoba, polisi langsung mengamankannya. Barang bukti yang diamankan satu klip sabu seberat 1,10 gram, satu klip kecil kosong, satu helai tisu, dua unit handphone, helm dan satu unit sepeda motor.

“Saat ini ketiganya bersama barang bukti sudah diamankan di Mapolres Sekadau dan kasusnya masih diproses,” pungkasnya.

Ketua Forum Komunikasi Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM)  Sekadau Trino Junaidi mengatakan,  pihaknya mengapresiasi langkah polres sekadau dalam hal penuntasan Narkoba di Sekadau. 

"Kita sangat mendukung langkah Polres Sekadau, dan kita juga dalam kemitraan juga membantu memberantas narkoba, tentu semua pihak juga terlibat karena narkoba ini tak pandang usia dan tempat jadi semua harus waspada," ujarnya.

Menurutnya, narkoba sangat merusak manusia dan merusak masa depan terutama generasi muda.

"Jadi bagi orang tua tentu bagaimana caranya anak-anak memberikan pemahaman agar mereka tidak terpengaruh narkoba dan bagi yang lainnya bagaimana bisa membentengi diri dengan agama agar hidup menjadi lebih berarti," pungkasnya. (akh)