Senin, 23 September 2019


PDAM Imbau Warga Hemat Air Bersih

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 491
PDAM Imbau Warga Hemat Air Bersih

Ilustrasi. (Net)

SEKADAU,  SP -  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sirin Meragun Sekadau mengimbau warga  Sekadau untuk  menghemat penggunaan air bersih. Lantaran saat ini sudah musim kemarau

Direktur PDAM Sirin Meragun, Yok Kelak menuturkan, agar sirkuliasi  dan distribusi air bersih di Sekadau berjalan lancar, maka warga perlu menghemat air. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat terutama para pelanggan PDAM Sirin Meragun agar berhemat dalam penggunaan air untuk keperluan rumah tangga atau usaha lainnya.

“Penghematan yang dilakukan agar tidak terjadi kendala. Apalagi saat ini musim kemarau,” ujar Yok, Senin (6/8).

Sebagai solusinya, masyarakat juga bisa membuat penampungan air. Hal ini juga sebagai upaya antisipasi bila sewaktu-waktu air tidak mengalir. Bahkan, pihak PDAM Sirin Meragun juga melakukan upaya antisipasi.  

“Air terlebih dahulu ditampung di pos penampungan agar pengaturan pengucuran air disetiap zona lebih merata. Karena debit air musim kemarau memang tidak mengalir deras,” terangnya.

Yok memapaekan, meski jumlah pelanggan PDAM Sirin Meragun saat ini berjumlah 6.700 an, namun kondisi saat ini air masih stabil dan seluruh zona bisa terpenuhi. Namun, jika tak diatur sesuai kondisi musim maka akan berdampak.

“Artinya air bisa saja tidak mengalir selama beberapa hari. Jadi, kami mengimbau masyarakat untuk menampung air secukupnya,” kata dia.

“Jika akan bepergian jauh, kran air dimeteran ditutup. Kalau tidak ditutup maka rentan bocor dijaringan rumah,” timpalnya.

Selain itu, setiap tahun pihaknya melakukan perluasan jaringan pipa. Namun saat ini, pihaknya belum melakukannya lantaran ada pekerjaan teknis, yakni penormalan jaringan yang ada.

“Setelah itu akan dipasang ditempat-tempat strategis di dalam Kota Sekadau untuk menambah pelanggaran,” ungkapnya.

Salah seorang warga Desa Sungai Ringin Syamsul Bahari, berharap permohonan pemasangan pipa di wilayah tempat tinggalnya di Jalan Merdeka Selatan bisa dilakukan. warga  sudah mengajukan permohonan pemasangan pipa.

“Saat ini masih belum ada pemasangan. Jadi, kami harapkan pengajuan tersebut bisa terealisasi karena air sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Ia mengatakan, ada sekitar 20-an kepala keluarga yang mendiami kawasan komplek tempat tinggalnya. Untuk itu, ia berharap adanya realisasi dari pengajuan tersebut. “Harapan kami mudah-mudahan segera teralisasi,” pungkasnya. (akh/jek)