Minggu, 15 Desember 2019


Pemberantasan Pungli Dimulai dari Internal, Mengedepankan Upaya Pencegahan

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 271
Pemberantasan Pungli Dimulai dari Internal, Mengedepankan Upaya Pencegahan

RAPAT KERJA - Satgas Saber Pungli Kabupaten Sekadau menggelar rapat kerja analisa dan evaluasi bersama lintas sektoral di aula Mapolres Sekadau, Jalan merdeka Timur, Kabupaten Sekadau, Rabu (15/8). (SP/Akhmal)

Ketua Tim Satgas Saber Pungli Sekadau, Kompol Onisimus Umbu Sairo
"Yang terpenting tim harus bersih terlebih dahulu. Jika, di dalam sudah bersih dan bagus, tentu diluar akan demikian. Kita dulu yang menjadi harus menjadi contoh."

SEKADAU,  SP - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Sekadau menggelar rapat analisa dan evaluasi tim Satgas Saber Pungli di aula Mapolres Sekadau, Jalan merdeka Timur, Kabupaten Sekadau, Rabu (15/8).

Ketua Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Sekadau, Kompol Onisimus Umbu Sairo menuturkan, pihaknya secara gencar melakukan upaya pencegahan pungli di Kabupaten Sekadau. Namun, yang tak kalah pentingnya pemberantasan pungli harus dimulai dari internal, yakni satgas saber pungli itu sendiri. Hal ini sudah menjadi komitmen tim satgas saber pungli Kabupaten Sekadau.

"Salah satu langkah pencegahan pungli, salah satunya dengan cara sosialisasi. Selain itu, upaya pencegahan lain yang dilakukan, yakni memasang banner terutama dititik-titik rawan pungli," ujar Kompol Onisimus Umbu Sairo.

Itu dilakukan agar masyarakat juga tahu tentang pungli itu sendiri. Sehingga masyarakat bisa melapor bila menemukan adanya praktik pungli

"Yang terpenting tim harus bersih terlebih dahulu. Jika, di dalam sudah bersih dan bagus, tentu diluar akan demikian. Kita dulu yang menjadi harus menjadi contoh,"  kata Umbu yang juga Waka Polres Sekadau.

Menurut dia, sejauh ini di Sekadau belum ditemukan adanya kasus pungli. Pihaknya secara bersama-sama bekerja profesional mulai dari tahapan pencegahan hingga penindakan.

“Semua sektor rawan, tinggal bagaimana memberikan pemahaman kepada semua sektor. Tentu harus ada pemetaan dulu, baru ditentukan sektor mana yang menjadi perhatian khusus,” ucapnya.

Asisten I Setda Kabupaten Sekadau, Fendy mengatakan, perlu peran aktif masyarakat untuk memberikan informasi bila menemukan praktik pungli. Tindakan yang dikedepankan adalah upaya pencegahan.

“Pembentukan satgas saber pungli bertujuan menghilangkan praktik pungli yang merusak sendi kehidupan bermasayarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Menurut Fendy, diperlukan adanya upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif dan mampu menimbulkan efek jeara bagi pelakunya. Ia mengimbau agar semua pihak lebih waspada dan menghindari tindakan pungli, suap, maupun gratifikasi.

“Diharapkan dengan adanya rapat analisa dan evaluasi satgas saber pungli akan memperkuat komitmen dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih berhati-hati dan sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Ajak Masyarakat untuk Melapor 

Sebelumnya Bupati Sekadau, Rupinus Rupinus mengajak masyarakat untuk berperan aktif memberikan laporan, jika menemukannya praktik Pungli. Terhadap masyarakat yang menginformasikan laporan, maka harus mendapat perlindungan. 

“Kalau dalam Undang-Undang, ada perlindungan saksi dan korban dan itu wajib dilindungi,” kata Rupinus. meminta Satgas Saber Pungli bekerja secara  maksimal. 

“Kalau ada (pungli), laporkan. Tapi (satgas) harus cek kebenarannya dulu,” ujar Rupinus.

Rupinus menghendaki satgas bergerak cepat menelusuri kemungkinan-kemungkinan tempat yang disinyalir menjadi praktik pungli. 

“Tidak boleh ada keraguan sedikitpun untuk menyapu bersih pungli di Kabupaten Sekadau,” tegas Rupinus. (akh/jek)