Rakyat Diajak Rayakan Penobatan Raja Kusuma Negara

Sekadau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 280

Rakyat Diajak Rayakan Penobatan Raja Kusuma Negara
Sekadau, SP – Istana Kusuma Negara akan menggelar penobatan Raja Kusuma Negara Sekadau yang bergelar Pangeran Agung Sri Negara II dilaksankan 14–15 Desember 2018.  

Masyarakat diajak merayakan penobatan Raja Kusuma Negara Sekadau. Tak hanya penobatan, pemberian gelar juga akan diberikan kepada Pangdam XII/Tpr.  

Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi, Raja Sekadau menuturkan penobatan baru dapat diilakukan saat ini. “Kurang lebih 7 tahun saya memangku jabatan sebagai raja. Memang sudah dikukuhkan, untuk dinobatkan baru kali ini dilakukan,” ujarnya ditemui di Istana Kusuma Negara, Kamis (15/11).  

Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi mengaku hal ini sebagai wujud membantu negara, salah satunya dalam mengisi kemerdekaan. Adapun yang dilakukan pihak istana, yaitu menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah.  

Kerajaan Kusuma Negera Sekadau berkomitmen bersama-sama pemerintah membangun bangsa, salah satunya dibidang kebudayaan. Dia mengajak semua lapisan masyarakat bersama-sama melestarikan dan menjaga budaya.  

“Budaya menyatukan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai suku, agama. Budaya yang membuat kita ke arah yang positif,” ucapnya. “Dengan arah yang positif, insya Allah bangsa Indonesia bisa maju dan makmur.”  

Ia mengimbau seluruh lapisan masyarakat bersatu padu merayakan penobatan yang digelar 14–15 Desember mendatang. Ia menegaskan, kegiatan tersebut terbuka untuk semua lapisan masyarakat, semua suku dan agama.  

“Siapa saja silakan hadir. Silakan bersama-sama mendukung dan merayakan penobatan nanti,” ajaknya.  

Abang Mohd Firman, Ketua Panitia Penobatan mengatakan hingga saat ini persiapan sudah mencapai 60 persen. Panitian melibatkan semua kerabat istana, baik yang ada di Sekadau maupun dari luar.  

“Untuk tamu yang diundang, yaitu Kesultanan di Nusantara. Sedangkan dari luar yaitu Kesultanan Sulu, Filipina, Serawak, Brunai akan hadir. Sudah konfirmasi untuk tamu-tamu negara,” ungkap Firman.  

Firman mengatakan, selain penobatan juga akan ada pemberian gelar kepada Pangdam XII/Tpr. Dia memprediksi 1.000 orang akan hadir dalam acara tersebut.  

“Ini adalah gawainya masyarakat Sekadau. Gawainya semua rakyat Sekadau. Bukan hanya melayunya saja tapi ini adalah rajanya Sekadau. Mudah-mudahan kegiatan bisa terlaksana sebagaimana mestinya.” (akh)