Dana Desa Berdampak Positif Bagi Ekonomi

Sekadau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 212

Dana Desa Berdampak Positif Bagi Ekonomi
Sekadau, SP - Abang Sutriyadi, aktivis pemuda Sekadau mengatakan Dana Desa memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi di desa.   

“Saya setuju dengan program ini. Di desa saya Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir sangat terasa pembangunannya. Seperti pembukaan badan jalan di wilayah terisolir, pembangunan gedung PAUD dan poskamling, serta pemberdayaan masyarakat di desa sangat terasa,” kata Abang Sutriyadi.   

Ketika ditanya soal mulai terungkapnya sejumlah kasus korupsi dana desa, Abang mengaku mendukung penindakan hukum terhadap para pelaku.  

“Kita juga memberikan dukungan kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam mengawasi pembangunan di desa. Jangan sampai adanya penyelewenangan bahkan korupsi karena ini bisa merusak, memberikan contoh yang tidak bagus,” ujar Abang Sutriyadi.  

Namun dilain pihak, apresisasi kepada aparat desa yang berhasil mengelola Dana Desa juga harus diberikan. Dukungan harus diberikan kepada desa-desa yang sangat baik mengelola Dana Desa sehingga menjadi inspirasi untuk desa lainnya.   

Secara umum, kata Abang, desa-desa di Kalimantan Barat masih membutuhkan pendampingan peningkatan SDM perangkat desa.

“Di Kalbar sangat sedikit desa yang mandiri artinya ada pendapatan asli desa (PAD) melalui usaha-usaha. Harapan kami sesuai komitmen Gunernur Sutarmidji, setidaknya ada 200 hingga 300 desa mandiri di Kalbar,”pungkasnya. (akh)