Rupinus Lantik Dua Kades PAW

Sekadau

Editor Mul Dibaca : 186

Rupinus Lantik Dua Kades PAW
LANTIK - Bupati Sekadau melantik dua Kades terpilih antar waktu yaitu Kades Peniti dan Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, di aula Kantor Camat Sekadau Hilir, Senin (31/12) lalu.
SEKADAU, SP - Bupati Sekadau Rupinus dan Wakil Bupati Sekadau Aloysius, melantik dua Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) yakni Kades Desa Peniti, Abang Kadir dan Kades Sungai Kunyit, Kayus di aula kantor Camat Sekadau Hilir, Senin (31/12) lalu.

Kedua kepala desa antar waktu yang dilantik oleh bupati dan wakil bupati ini menggantikan Kades sebelumnya, karena ikut serta sebagai kontestan pemilihan umum legislatif DPRD Kabupaten Sekadau tahun 2019.

Pelantikan kedua Kades  antar waktu tersebut diawali dengan pembacaan sumpah, penandatanganan berita acara pelantikan dan pemasangan tanda jabatan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sekadau.

Upacara pelantikan kedua Kades pergantian antar waktu ini berlangsung khidkmat dan lancar.

Bupati Sekadau Rupinus mengatakan, pelantikan Kades  antar waktu tersebut sesuai dengan amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan PP Nomor 43 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014.

Menurut Rupinus, peraturan tersebut mengamanatkan apabila sisa jabatan masih di atas satu tahun, maka yang pertama tunjuk Pjs dari PNS. Salah satu tugas Pjs adalah mempersiapakn calon Kepala Desa antar waktu. Dalam teknisnya pemilihannya tidak seramai Pilkades pada umumnya. Cukup melalui musyawarah perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Selamat kepada kades yang diberikan amanah oleh masyarakat, kita hanya melegalkan supaya betul-betul sah. Silahkan laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, tugasnya cukup berat, kelola ADD dengan baik dan harus sesuai aturan yang ada.  Apalagi tahun ini, ADD Sungai Kunyit dan Peniti bertambah di atas Rp1 miliar,” kata Rupinus.

Rupinus meminta masyarakat Desa Sungai Kunyit dan Peniti agar mendukung kinerja dan program kedua Kades ini. Lakukan kerjasama dengan baik untuk kepentingan masyarakat.

“Kepada Ibu PKK desa, tolong didukung bapaknya. Kerja sama Kades dengan BPD harus baik, jangan gontok-gontokan, apalagi ini desa dalam kota, desa jalur sutra, harusnya bisa beri contoh pada desa-desa lain di Kabupaten Sekadau. Mudah-mudahan kedua kades ini bisa melaksanakan tugas ini dengan baik,” pinta Rupinus. (hms /akh /jek)