44 Pemilih Ganda Ditemukan di Desa Sunsong Sekadau

Sekadau

Editor Admin Dibaca : 111

44 Pemilih Ganda Ditemukan di Desa Sunsong Sekadau
Ilustrasi
SEKADAU, SP - Penyelenggara Pemilu Kabupaten Sekadau menduga adanya data ganda pada data pemilih di Desa Sunsong Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau. Sehingga Komisi Pemilihan Umum (KPU), bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan jajaran TNI dan Polri, meninjau langsung ke Desa Sunsong, Minggu (10/2) lalu.

Alhasil, penyelenggara pemilu mendapati adanya 44 warga yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Sekadau juga terdata dalam DPT KPU Kabupaten Sintang.

Ketua PPK Sekadau Hulu, Benidigtus Benus mengakui hasil ferivikasi faktual pihaknya bersama KPU dan Bawaslu di Sunsong didapati 44 DPT yang ganda.
“Di Desa Sunsong, memang beberapa warga administrasi kependudukan Kabupaten Sintang, namun lebih dominan administrasi kependudukannya di Kabupaten Sekadau,” terang Benus, Selasa (12/2).

Ia memaparkan, pemilih yang terindentifikasi data ganda di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 dan 04 Dusun Sunsong, TPS 03 Dusun Bungkong Baru. Sedangkan di TPS 02 Dusun Saka Tiga tidak ditemukan data pemilih ganda.

Ia menyarankan, agar TPS 03 Dusun Bungkong Baru dipindah ke kampung Mangkap Dusun Bungkong Baru, hal itu dikarenakan untuk menghindari potensi pemilih ganda.

"Disebabkan TPS Sintang dan Sekadau yang berdekatan dalam satu wilayah komplek di Dusun Bungkong," pungkasnya.

Komisioner KPU Bidang Program dan Data Pemilih, Marikun menegaskan, setelah verifikasi faktual di lapangan, pada Senin (12/2) berkordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sekadau terkait data 44 warga yang ditemukan ganda sebabagai pemilih.

“Kita akan lihat apakah administrasi kependudukan terdata sebagai warga Kabupaten Sekadau atau Sintang,” terangnya,.

KPU Sekadau juga berkoordinasi kepada KPU Kabupaten Sintang, dan sepakat jika hasil pengecekan data penduduk di Dukcapil didapati data pemilih terdata sebagai salah satu warga di salah satu kabupaten, maka KPU kabupaten yang tidak terdata penduduk tersebut akan menghapus data pemilih dalam DPT Pemilu 2019.

“Secara rinci hasil verifikasi di lapangan,empat orang berkartu penduduk Kabupaten Sintang, 28 orang berkartu penduduk Kabupaten Sekadau, sedangkan 12 orang masih belum diketahui secara pasti administrasi kependudukannya,” papar Marikun.

Komisioner Bawaslu Sekadau Teodorus Sutet menyatakan, data pemilih pada Pemilu 2019 berdasarkan dari Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK).

“Bawaslu akan memastikan, tidak adanya data pemilih ganda atau melakukan pencegahan kepada pemilih untuk memilih lebih dari 1 kali pada hari pemilihan,” tegas Sutet.

Terkait permasalahan pemilih di Desa Sunsong, Bawaslu Sekadau menyarankan agarm KPU melakukan langkah-langkah pendataan Pemilu di desa tersebut secara akurat, agar tidak terjadi permasalahan pada hari pemilihan. (akh/jek)