Forkopimka Belitang Pantau Kondisi Banjir

Sekadau

Editor Dede Dibaca : 96

Forkopimka Belitang Pantau Kondisi Banjir
IST PANTAU BANJIR Forkopimka Belitang, Kabupaten Sekadau memantau kondisi banjir yang terjadi di Desa Belitang Dua., Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, Selasa (5/3).
SEKADAU, SP - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Belitang, Kabupaten Sekadau kembali memantau kondisi banjir yang terjadi di Desa Belitang Dua., Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau,  Selasa (5/3). 

Kali ini pemantauan kondisi banji dilakukan di Jalan M Sukur Yasin, Dusun Kobi, Desa Belitang Dua. Wilayah ini, selama dua hari terakhir ini terkena dampak banjir, karena curah hujan cukup tiggi.

Kapolsek Belitang , Ipda Agus Junaidi didampingi Bhabinkamtibmas Brigadir Enggry, Babinsa Serda Sayuti, Sekdes Belitang Dua Samsiar dan Kadus Kobi,  Agustinus meninjau langsung lokasi banjir yang di sekitar Pasar Belitang.

Sekdes Belitang Dua, Samsiar menjelaskan, bahwa kondisi banjir ini memang sudah menjadi langganan hampir setiap tahun di Pasar Belitang yang merupakan pesisir Sungai Kapuas, karena disebabkan tingginya curah hujan.

"Naiknya air sungai kapuas juga menjadi salah satu penyebab banjir, kedalaman air saat ini sekitar 20 hingga 30 cm," ujar Samsiar.

Ia telah mengimbau  seluruh warga, agar berhati-hati dengan curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan air Sungai Kapuas meluap hingga menyebabkan banjir.

”Warga yang tinggal di bantaran sungai atau wilayah yang sering terjadi banjir harus waspada,” imbaunya.

Kapolsek Belitang,  Ipda Agus Junaidi menjelaskan, dari hasil patroli bersama ditemukan ada dua rumah warga yang berada di tepian sungai kapuas terkena imbas banjir yaitu rumah atas nama Kompas dan Erik.

"Kondisi seperti ini sudah sering terjadi di penghujung tahun dan awal tahun. Ini disebabkan letak geografis Desa Belitang Dua, berada di sekitar tepian Sungai Kapuas,"ungkapnya. 

Menurutnya,  bangunan rumah warga pada umumnya berbentuk panggung merupakan salah satu solusi untuk menghadapi situasi seperti sekarang dan diharapkan warga dapat mengamankan barang-barang elektronik.

Kapolsek juga mengingatkan kepada warga akan bahaya banjir, yang sewaktu-waktu datang serta diharapkan tetap waspada, diperkirakan debit air akan terus meningkat disertai dengan intensitas hujan yang cukup tinggi untuk beberapa hari kedepan.

"Bhabinkamtibmas akan bersinergi dengan Babinsa Koramil serta bekerjasama dengan Pemdes untuk lakukan patroli ke beberapa kawasan yang berpotensi rawan banjir serta melakukan penanggulangan dan evakuasi terhadap warga," terang Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi. (akh/jek)