Selasa, 19 November 2019


Kapolsek Belitang Turun Patroli Karhutla

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 111
Kapolsek Belitang Turun Patroli Karhutla

KOMPAK-Kapolsek Belitang, Ipda Agus Junaidi dan Bhabikamtibmas Bripda Angga saat melakukan patroli antisipasi Karhutla di Wilkum Polsek Belitang.ist

SEKADAU,  SP - Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi memimpin langung patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kecamatan Belitang tepatnya di desa Menua Prama, Rabu (10/4) pagi. 

Kapolsek bersama Bhabinkamtibmas, Bripda Angga Saputra melakukan patroli antisipasi Karhutla sekaligus memberikan himbauan kepada warga masyarakat.

Kapolsek menjelaskan bahwa kegiatan patroli dilaksanakan dengan sasaran untuk mengimbau kepada masyarakat supaya tidak membakar hutan, lahan dan kebun.

Serta tentang bahaya karhutla dan dampak yang akan dirasakan oleh warga lainnya seperti gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat asap yang keluar dari pembakaran tersebut.

“Selain itu juga disampaikan sanksi hukum yang akan diterima oleh pelaku sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Pelaku pembakaran hutan dapat dikenakan sanksi hukum berupa pidana penjara selama 10 tahun dan denda Rp 10 milyar,” katanya.

Kapolsek berharap, apabila ada warga yang melihat, mengetahui bahkan menjadi korban karhutla agar segera melaporkan ke Polsek atau Koramil terdekat.

Selain itu, Ipda Agus juga mengimbau kepada masyarakat apabila akan membuka lahan pertanian, usahakan jangan dengan cara membakar lahan dan hutan.

Karena, kata dia, pada masa modern ini, buka lahan sudah dengan cara alih teknologi yaitu dengan menggunakan alat-alat pertanian yang sudah modern memberdayakan Petugas Pekerja Lapangan (PPL) Pertanian yang ada di Kecamatan.

“Pelaksanaan patroli Karhutla ini sebagai wujud implementasi dari kebijakan Kapolda Kalbar sesuai maklumat Kapolda Kalbar nomor:MAK/02/II/2018, tanggal 21 Februari 2018 serta hasil rakor semua instansi terkait di Kodam XII Tanjungpura,” pungkasnya. (akh/nak)