Selasa, 17 September 2019


Jelang Ramadhan Pemkab Pastikan Sembako Aman

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 75
Jelang Ramadhan Pemkab Pastikan Sembako Aman

PASAR- Sejumlah warga saat berbelanja bahan sembako untuk keperluan rumah tangga. Pemkab pastikan ketersediaan bahan sembako jelang Ramadhan terpenuhi dan aman di masyarakat Sekadau.

SEKADAU, SP - Menjelang Ramadhan 1440 H tahun 2019 Masehi, Pemkab Sekadau menjamin  ketersediaan bahan sembako terbilang aman dan terkendali,  hal itu dilihat dari arus angkutan barang dan jasa di beberapa pusat Kota Sekadau maupun pusat kota setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau. 

Hal itu diungkapkan,  Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perdagangan Kabupaten Sekadau, Sarno. Ia memastikan untuk ketersediaan sembako mencukupi.

"Karena kami terus melakukan monitoring untuk memastikan kebutuhan sembako tercukupi, jika dilihat mobilisasi barang-barang di pusat kota sekadau dan pusat kota kecamatan sudah mulai para pedagang untuk menyiapkan keperluan masyarakat terutama menjelang bulan suci ramadhan tahun 2019 ini, "ujarnya kepada awak media, Senin pagi (29/4). 

Dikatakan Sarno, bahwa nanti pihaknya juga akan ada Rakor di tingkat Provinsi untuk pengendalian harga menjelang Ramadan.

"Dalam hal harga,  tentu kami tidak pungkiri bahwa akan ada kenaikan harga pada beberapa jenis barang kebutuhan pokok nantinya. Namun pemerintah daerah akan terus berupaya untuk menjaga stabilisasi harga," yakinnya. 

Menurut Sarno, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu melakukan bazar atau operasi pasar, dengan melibatkan pengusaha-pengusaha lokal. 

"Maka secara rutinitas kita tentu akan melakukan operasi pasar murah,  dan disitulah disilahkan kepada masyarakat untuk membeli bahan sembako untuk keperluan beberapa hari menjelang atau memasuki bulan suci ramadhan,"pungkasnya. 

Sementara itu, Suryamin,  satu diantara pedagang pasar Sekadau,  mengatakan permintaan yang paling banyak saat Ramadan, diantaranya gula, telur ayam dan tepung terigu. Hingga saat ini harga-harga tersebut menurut Suryamin sudah mulai mengalami kenaikan

"Saat ini,  kondisi harga barang sudah terjadi kenaikan seperti gula pasir. Kalau eceran sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp12.500 per kilogram, harga sekarang masih Rp12.000 per kilogram. Tapi biasanya dari agen itu ngambil gula sekarung Rp515 ribu, sekarang sudah Rp550 ribu," tuturnya.

Selain itu, kata dia, harga telur ayam pun mulai mengalami kenaikan, walaupun kenaikan tersebut belum signifikan. "Jika sebelumnya, harga telur ayam masih berkisar dibawah Rp1.500 per butir, saat ini harga telur ayam sudah menyentuh Rp1.500 per butir, bukan tidak mungkin harganya bisa naik lagi. Tapi, yang terpenting stok barangnya itu ada, untuk saat ini stoknya cukup,"katanya. 

Warga Rt. 012/Rw.005 Dusun Sungai Putat Desa Sungai Ringan Kecamatan Sekadau Hilir Husnul (45) mengatakan, menjelang bulan suci Ramadhan bahan Sembako sangat dicari oleh masyarakat termasuk dirinya, apalagi, kata dia, selain keperluan sehari-hari juga biasanya membeli bahan Sembako berupa beras, lauk, minyak goreng dan lainnya untuk persiapan pada saat sahur. 

"Biasanya kami dirumah sudah mempersiapkan jauh hari sekitar tiga atau empat hari sebelum bulan puasa, kemarin saja saya sudah membeli beras dua karung dan keperluan lainnya. Karena persiapan ini kami antisipasi kenaikan dan kelengkapan salah satu bahan sembako,"ujarnya. 

Husnul yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini berharap,  agar semua pihak terutama para pedagang dan pemerintah bisa bekerjasama dalam rangka menyiapkan bahan Sembako di pasar. 

"Karena bulan suci ramadan ini keperluan bahan pokok masyarakat sangat meningkat maka harus ada persiapan-persiapan,  supaya tidak terjadi kelangkaan atau lonjakan harga,” pungkasnya. (akh/nak)

Stok Harus Aman Sampai Pelosok

Anggota DPRD Sekadau Muhammad Jadi menyebut pihaknya terus menyerukan Pemkab agar bersinergis bersama para pedagang di Kabupaten Sekadau, khususnya dalam rangka menyambut ramadhan maupun pada saat menjelang lebaran nanti. Terutama mengantisipasi masalah stok bahan sembako yang harus bisa dipastikan aman sampai ke wilayah pelosok Kabupaten Sekadau. 

"Karena kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan ini sangat tinggi, warga pasti ada menyetok barang untuk satu sampai dua minggu baik dia keperluan sehari-hari atau keperluan para pedagang rumah makan, ini tentu harus dipastikan aman dan terkendali," serunya. 

Politis PAN itu selanjutnya menyampaikan ucapan selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H Tahun 2019 kepada seluruh warga muslim Kabupaten Sekadau dan berharap momentum Ramdahan bisa dimamfaatk sebaik mungkin dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Kami selaku wakil masyarakat mengucapkan selamat kepada saudaraku sesama muslim, selamat menyambut bulan suci, dalam momen ini tentu kita harus terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt dan tentu terus menjalin dan memperkuat ukhuwah islamiyah dan insaniyah kita agar tetap harmonis dalam membangun kabupaten sekadau yang lebih baik lagi,” ujar Jadi. (akh/nak)