Ribuan Umat Muslim Sekadau Ikuti Pawai Obor

Sekadau

Editor elgiants Dibaca : 64

Ribuan Umat Muslim Sekadau Ikuti Pawai Obor
SEMARAK RAMADAN- Sekitar 3000-an warga muslim sekadau saat menghadiri pawai obor yang digelar PHBI Kabupaten Sekadau dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1440 H.
SEKADAU, SP – Ribuan umat muslim begitu antusias mengikuti pawai obor yang digelar dalam rangka menyambut ramadan 1440 hijriah, Sabtu (4/5) malam. Pawai obor tersebut diikuti mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria mengapresiasi pelaksanaan pawai obor yang digelar dalam rangka menyambut ramadan. Ia menilai, tingginya antusiasme masyarakat terlihat dari j8umlah peserta pawai yang mencapai lebih dari 2000 orang.

“Selesai pawai obor ini jalurnya mulai dari Masjid Besar Al Falah, Jalan Irian, Jalan Merdeka Timur, Jalan Merdeka Barat, Jalan Abdurrahman, Jalan Tamtama, Jalan Kapuas balik lagi ke Masjid Besar Al Falah,” ujar Zakaria, usai pelepasan peserta pawai obor.

Zakaria mengatakan, pawai obor tersebut dilakukan sebagai bentuk untk memeriahkan dalam menyambut datangnya ramadan. Ia mengajak untuk menyambut ramadan dengan suka cita dan rasa persatuan.

“Mungkin yang selama ini mulai sedikit retak, pada momentum menyambut ramadan ini mari sucikan hati, sucikan diri serta tingkatkan ibadah,” serunya.

Ia juga berpesan, agar masyarakat selalu mempererat silaturahmi. Momentum ramadan, kata dia, harus diisi dengan hal-hal yang baik dan positif. Zakaria mengatakan, Pemkab Sekadau akan melaksanakan safari ramadan ditujuh kecamatan di Kabupaten Sekadau.

“Mari bersama-sama bersihkan hati, bersihkan diri dan sambut ramadan dengan penuh suka cita,” pesannya.

Sementara itu, Ketua PHBI Kabupaten Sekadau, Salim mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan didukung Pemkab Sekadau, Masjid Besar Al Falah, POM dan lainnya. Ia mengatakan, pawai obor tersebut dilaksanakan dalam rangka menyemarakan ramadan.

“Ramadan adalah bulan untuk melaksanakan ibadah siang dan malam,” kata dia.

Salim menjelaskan, ada pun makna dari penyalaan obor itu, yakni adanya sinar dalam hati umat islam dalam memasuki ramadan. Ia berharap dengan bersinarnya cahaya keimanan, pelaksanaan ibadah bisa berjalan lancar, penuh keyakinan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Mudah-mudahan, ini semakin memotivasi umat islam untuk menyalakan cahaya keimanan. Kami berharap, agar umat islam dapat mempersiapkan diri dengan baik, mempersiapkan secara lahir dan batin dalam menyambut ramadan dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah,” pungkasnya. (akh/nak)