Selasa, 15 Oktober 2019


Dari Pengajian, Iktikaf Hingga Safari Ramadan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 87
Dari Pengajian, Iktikaf Hingga Safari Ramadan

KAJIAN- Aktivitas pengajian rutin oleh JPRMI Kabupaten Sekadau untuk mengisi bulan ramadhan yang berkah.

Berbagai aktivitas dilakukan umat islam dalam mengisi bulan suci ramadan 1440 hijriah. Aktivitas yang dilakukan tersebut mulai dari menggiatkan pengajian, iktikaf, bersih-bersih masjid, safari ramadan dan lain sebagainya. 

Salah satunya di Musala Nurul Hikmah, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir. Ketua Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Sekadau, Tomi Raji’i menuturkan, di Musala Nurul Hikmah sejumlah ibu-ibu melaksanakan pengajian. Hal ini, kata dia, sebagai salah satu kegiatan yang dilakukan dalam mengisi bulan suci ramadan.

“Untuk JPRMI di pusat sendiri ada berbagai kegiatan diantaranya, bersih-bersih masjid, pesantren ramadan dan lain sebagainya,” ujarnya, Selasa (7/5) siang.

Sedangkan, kata dia, untuk JPRMI Kabupaten Sekadau juga melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka mengisi bulan suci ramadan. Ia mengatakan, di Sekadau kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan sejumlah ormas lainnya, seperti MABM, IKADI Kabupaten Sekadau, Salimah, Aisyiyah, Forpis dan ACT.

“Kegiatannya ada safari ramadan, iktikaf, bersih-bersih masjid, pesantren ramadan dan masih banyak lagi sih kegiatan-kegiatan selama ramadan,” ucap Ustom, panggilan Tomi Raji’i.

Ustom mengajak para pemuda khususnya di Kabupaten Sekadau untuk bersama-sama bergerak memajukan Kabupaten Sekadau. Ia mengatakan, berbagai upaya bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

“Tidak harus menjadi ustaz untuk bisa merubah generasi lebih baik. Ada mimbarnya masing-masing. Kalau teman-teman pemuda, punya talenta di bola, talenta menulis dan lain sebagainya. Itulah mimbarnya,” kata dia.

“Tapi kalau teman-teman (pemuda, red) punya mimbar menjadi seorang dai, seorang penceramah. Silahkan mengambil mimbar itu, karena setiap orang punya mimbarnya masing-masing. Misal, kalau talentanya olahraga jadilah atletik yang saleh,” pungkasnya.  (akh/nak)