Sekda Apresiasi Pemandangan Umum DPRD

Sekadau

Editor elgiants Dibaca : 65

Sekda Apresiasi Pemandangan Umum DPRD
PANDANGAN UMUM - Sekda saat menyampaikan padangan umum eksekutif terkait Raperda aula DPRD Sekadau.
SEKADAU, SP – Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria mengapresiasi pemandangan umum yang telah disampaikan oleh fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Sekadau, baik melalui pertanyaan, saran dan masukan kepada eksekutif. 

Hal itu disampaikannya dalam paripurna dengan agenda jawaban eksekutif atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Sekadau terhadap Raperda tentang pengelolaan sampah dan raperda tentang ketertiban umum.

“Pemadangan umum yang disampaikan merupakan proses penelaahan awal yang selanjutnya akan berbuah jawaban yang disampaikan. Untuk selanjutnya menjadi pokok bahasan bersama-sama pada rapat-rapat selanjutnya,” ujar Zakaria dalam Paripurna yang dilaksanakan, Rabu (15/5).

Sehingga, ditentukan arah keputusan yang akan disepakti bersama agar Perda yang dibentuk tersebut sesuai dengan asas-asas pembentukan produk hukum yang baik. Zakaria mengatakan, mengenai raperda tentang pengelolaan sampah, Raperda tersebut disusun dalam rangka menjamin asa kepastian hukum, kejelasan tanggungjawab dan kewenangan pemerintah daerah serta peran masyarakat dan dunia usaha dalam proses pengelolaan sampah.

“Sehingga, pengelolaan sampah dapat berjalan secara proporsional, efektif dan efisien,” ucapnya.

Zakaria mengatakan, pemerintah daerah bersama-sama masyarakat dan pelaku usaha perlu mengubah paradigma pengelolaan sampah melalui kegiatan pengurangan dan penanganan sampah agar sampah menjadi berkurang sebelum akhirnya diproses secara aman di TPA. Perubahan paradigma pengelolaan sampah tersebut membawa konsekuensi hukum kepada Pemda yang diberikan tugas dan wewenang berdasarkan undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

“Raperda ini nantinya akan menjadi dasar hukum bagi pemerintah daerah dalam rangka menyelenggarakan pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif,” kata dia.

Sedangkan, Raperda tentang ketertiban umum dibentuk sebagai upaya mewujudkan ketertiban umum harus diarahkan guna pencapaian kondisi yang aman, tertib, teratur dan kondusif bagi tata kehidupan masyarakat Kabupaten Sekadau. 

Raperda ini merupakan suatu produk yang dihasilkan oleh masyarakat yang diwakili oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Sekadau dan Pemda yang diwakili oleh Bupati sebagai kepala daerah dalam upaya mengantisipasi dan menjawab setiap persolan da tantangan kedepan, baik lingkungan pemerintahan maupun masyarakat khsusunya terkait dengan upaya mewujudkan ketertiban umum.

“Untuk diketahui bersama bahwa Raperda tersebut mempunyai tugas yang sangat strategis dan penting untuk mendorong dan memotivasi tumbuhnya budaya disiplin masyarakat. Sehingga, terwujudnya tata kehidupan masyarakat kabupaten sekadau yang tertib, aman dan tentram,” katanya.

Zakaria berharap, raperda tersebut dapat mewujudkan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman dimasyarakat. Sebab, didalamnya mengurus setiap aspek kehidupan masyarakat yang memuat substansi yang dirancang untuk mewujudkan kondisi ideal sesuai dengan norma dan kaidah kehidupan berbangsa dan bernegara pada semua tingkatan masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan.

“Perda ini nantinya diharapkan dapat menjadi pedoman bertindak bagi pemda melalui perangkat daerah terkait dalam mengawasi, mencegah dan menindklanjuti setiap kegiatan yang dapat menganggu ketertiban umum sesuai substansi yang diatur dalam peraturan daerah ini nantinya,” tuturnya.

“Setiap tindakan dalam rangka menciptakan kondisi ketertiban umum yang ideal tersebut tentu dilakukan dalam batas-batas tertentu dengan berpedoman pada asas kepastian hukum, kejujuran dan keadilan, manfaat, keseimbangan, ketertiban, non diskriminatif dan dapat dilaksanakan. Sehingga, bukan merupakan sebuah tindakan sewenang-wenang,” pungkasnya.   (akh/nak)