611 Anggota BPD Sekadau Diambil Sumpah

Sekadau

Editor elgiants Dibaca : 81

611 Anggota BPD Sekadau Diambil Sumpah
PELANTIKAN - Bupati Sekadau Rupinus saat melantik dan mengambil sumpah janji 611 anggota BPD se-Kabupaten Sekadau periode 2019–2025 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Sekadau, Kamis (13/6).
SEKADAU, SP – Sebanyak 611 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 87 desa di Kabupaten Sekadau diambil sumpah dan janjinya. Pengambilan sumpah janji anggota BPD se–Kabupaten Sekadau periode 2019–2025  ini dilakukan langsung oleh Bupati Sekadau, Rupinus di Halaman Kantor Bupati Sekadau, Kamis pagi (13/6). 

Dalam sambutannya, Rupinus berharap anggota BPD dan kepala desa serta perangkatnya agar dapat bekerjasama dengan baik. Bupati meminta agar anggota BPD dapat mengetahui tupoksinya dalam penyelengagraan pemerintahan di desa. 

Dalam kesempatan itu juga, mantan Camat Nanga Mahap ini menyampaikan ucapan selamat untuk 611 anggota BPD yang saat ini resmi menjabat pasca dilantik.

“BPD ada tugasnya menyampaikan aspirasi masyarakat dibawa dalam musyawarah di desa, bersama kades membuat peraturan desa (Perdes). Mengawasi kinerja kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintah desa,” ujar Rupinus dalam arahannya.

Rupinus berharap, anggota BPD yang terpilih bisa bekerjasama dengan kepala desa. Ia tidak ingin ada gontok-gontokan antara anggota BPD dan kepala desa.

“Kalau terjadi gontok-gontokan bagaimana mau memberikan pelayanan baik kepada masyarakat. Jadi, saling sinergi karena BPD adalah mitra pemerintah desa,” ucapnya.

Selain itu, Rupinus juga berharap, kedepan agar lebih baik lagi dan segera melaksanakan tugas-tugas. Adapun salah satu tugasnya, yaitu memilih Ketua, Sekretaris dan Bendahara BPD.

“Kemudian ada 68 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Tugas didepan mata sudah siap. Sejak hari ini (kemarin, red) sudah resmi menjadi anggota BPD,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sekadau, Bayu Dwi Harsono berharap, BPD dan kepala desa merupakan mitra dan harus saling bersinergi dalam mengisi pembagunan yang ada di desa. Ia mengatakan, dengan kewenangan dan pendanaan yang besar, kehadiran BPD harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh desa.

“Itu bisa terjadi kalau ada kerjasama antara BPD dan kepala desa serta perangkatnya,” kata dia.

Menurutnya, tanpa kerjasama yang baik maka energi hanya habis untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ia berharap, anggota BPD yang baru dilantik dapat menyesuaikan diri dan bekerja sama dengan kepala desa dan perangkat desa.

“Tapi kalau solid maka, kedepan desa-desa bisa maju seperti desa-desa lainnya,” pungkasnya.  (akh/nak) 

Komitmen Kembangkan Bidang Pemberdayaan

Anggota BPD Desa Nanga Mahap yang baru saja diambil sumpah janji, Herudin saat ditanya soal komitmennya sebagai seorang anggota BPD mengatakan bahwa tugas BPD pada intinya dalah menyampaikan aspirasi masyarakat serta mengkawal setiap proses pembangunan yang ada di tingkat desa.

“Pada dasarnya tugas BPD menyampaikan aspirasi masyarakat dan mengawasi kinerja desa,” ujar Herudin di hubungia via telpon.

Bagitu pun terhadap apa yang nanti akan dilakukan dirinya selaku wakil masyarakat, Herudin menegaskan komitmen untuk membuat terobosan pemberdayaan khsusnya di bidang olahraga, seni dan sektor pertanian. Namun ini kata Herudin tetntunya tetap memerlukan komunikasi yang baik antara BPD dengan Kades.

“Saya ingin bidang pemberdayaan bisa di perhatikan, misalnya olahraga kita utus pelatih yang cakap untuk membina anak-anak yang berbakat. Kemudian seni kita hidupkan lagi seperti tari jepin dan hadrah. Nanti kita minta disediakan anggaran untuk itu, minimal untuk bisa beli alat dululah,” imbuhnya.

Herudin juga mengatakan nantinya BPD juga akan mengundang pihak Dinas Pertanian untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Desa Naanga Mahap, khusunya kepada kelompok-kelompok tani yang ada.

“Supaya masyarakat kita semakin mengenal sistem pertanian modern dan terhadap hasil pertanian kita akan cari penampung yang bisa diajak bekerjasama untuk membeli hasi pertanian masyarakat,” ucapnya.

Herudin juga menegaskan akan menjalin kerjasama yang baik bersama Kades dalam rangka membangun Desa Nanga Mahap agar semakin maju dan terdepan.

“Kerjasama dengan Kades itu pasti, kita adalah mitra mereka dan mereka adalah mitra kita, kerjasama yang baik tentu akan menghasilkan buah yang baik untuk masyarakat,” pungkasnya. (nak)

Komentar