Kamis, 19 September 2019


Warga Sekadau Gelar Aneka Lomba Rakyat

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 112
Warga Sekadau Gelar Aneka Lomba Rakyat

SEMARAK - Sejumlah aktivitas warga Mungguk dan siswa siswi SMA Karya Sekadau saat menyelenggarakan kegiatan dalam rangka HUT Ke 74 RI dengan semarak dan gembira.

Warga Kabupaten Sekadau mengisi perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 74 dengan berbagai macam perlombaan seru khas 17 Agustus. Mulai dari balap karung, makan kerupuk, panjat pinang, dan lain sebagainya.  Tawa dan kegembiraan warga pun menambah semarak parayaan.

Hal itu tampak pada warga Gang Cemara RT 024, RW 05, Desa Munguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau menggelar berbagai macam perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74. Perlombaan yang dilaksanakan itu diikuti mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Ketua RT 024 Gang Cemara, Ade Rianura mengatakan, warga sangat menyambut antusias pelaksanaan berbagai perlombaan untuk memeriahkan HUT RI. Ia mengatakan, kegiatan tersebut diketuai oleh Iden Bahtiar.

"Ada lomba balap karung, makan kerupuk, tarik tambang hingga menghias sepeda dan lain sebagainya," ujar Ade, Senin (19/8).

Setiap tahun Gang Cemara mengadakan berbagai lomba yang diikuti secara antusias, terutama anak-anak. Hal ini dimaksud untuk menanamkan rasa cinta terhadap Indonesia sejak dini.

Selain itu, kata Ade, kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga khususnya di Gang Cemara. Melalui permainan dalam menyemarakan HUT RI pula diharapkan kekompakan warga semakin meningkat.

"Kegiatan ini juga meningkatkan rasa kekeluargaan, semangat gotong royong warga Gang Cemara," kata Ade.

Sementara di SMA Karya Sekadau. Para pelajar begitu antusias mengikuti berbagai perlombaan yang dilaksanakan di Halaman SMA Karya Sekadau, Senin (19/8).

Kepala SMA Karya Sekadau, Sumardi menuturkan, setiap tahunnya pihak sekolah selalu mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT RI. Berbagai macam perlombaan dan permainan rakyat dilaksanakan diantaranya, gigit koin, balap karung, tarik tambang, berlari menggunakan batok kelapa hingga volly mini.

“Semua itu dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RI. Ini juga mengenalkan kepada anak-anak,” ujar Sumardi.
Ia berharap, anak-anak mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, NKRI. Selain itu, kata dia, anak-anak diharapkan bisa menikmati perjuangan para pendiri bangsa dan para pahlawan.

“Selain itu, tentunya harus belajar dengan giat, belajar yang keras. Sehingga, sebagai siwa mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Kepada generasi muda mari kita isi kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” kata Sumardi. (akh)