Sabtu, 19 Oktober 2019


Pemkab Akan Beri Sanksi Jika Perusahaan Bakar Lahan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 60
Pemkab Akan Beri Sanksi Jika Perusahaan Bakar Lahan

Sekda Sekadau H. Zakaria.

SEKADAU, SP  - Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau akan menindak tegas para pembakar lahan, termasuk pihak perusahaan. Hal ini terkait intruksi gubernur yang disampaikan kepada para bupati se Kalbar agar menindak tegas pihak perusahaan yang melakukan pembakaran lahan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria, ia mengatakan, apabila masih ada pihak perusahaan yang melakukan pembakaran, baik disegaja atau tidak, maka sanksi yang diberikan lahan tersebut tidak boleh  dioperasionalkan selama lima tahun dan ditambah sanksi lainnya.

"Kita akan tindak tegas para pelaku yang melakukan pembakaran hutan, terutama kepada para perusahaan, jangan main-main dengan kebakaran hutan karena anda bisa dijerat hukuman," ungkapnya, Rabu (18/9).

Seperti yang kita ketahui, kabut asap dalam beberapa hari terakhir sangat pekat di Kabupaten Sekadau, maka langkah-langkah konkrit harus dilakukan dalam upaya pencegahan.

Menurutnya, sampai dengan saat ini di Kabupaten Sekadau sudah tidak ada titik api, namun imbauan terus kita lakukan agar jangan sampai titik api itu muncul kembali sehingga menambah parah situasi yang ada.

Zakaria juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang terkena dampak kabut asap untuk berhati-hati terutama ketika keluar rumah.

"Kepada masyarakat Kabupaten Sekadau untuk tetap waspada dan hati-hati terutama ketika keluar rumah, gunakan selalu masker untuk mengantisipasi terutama bahaya penyakit ISPA," tutupnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah BPBD Sekadau, Matius Jon saat dikonfirmasi mengatakan, hukuman ini sedang dikaji terutama kepada para perusahaan, namun kepada masyarakat yang sudah tertangkap maka itu adalah kewenangan pihak berwajib untuk menindaknya.

"Mengenai kasus dan hukumannya tentang pembakaran hutan serta siapa-siapa yang akan ditindak akan kita kaji, ungkapnya. (akh)