Minggu, 15 Desember 2019


Polisi Pasang Spanduk Peringatan di Tikungan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 136
Polisi Pasang Spanduk Peringatan di Tikungan

PASANG IMBAUAN - Kapolres Sekadau beserta jajaran saat bersama-sama memasang plang imbauan Lakalantas di Jembatan Bokak Sebumbun yang merupakan daerah yang sering terjadi Laka.

Meningkatnya kasus kecelakaan lalulintas di Kabupaten Sekadau akhir-akhir ini menimbulkan keprihatinan. Salah satu lokasi yang sering terjadi lakalantas yakni di tikungan Jalan Raya Sekadau-Sintang, tepatnya di Desa Bokak Sebumbun, Kecamatan Sekadau Hilir.

Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sekadau membenarkan bahwa angka kecelakaan yang ditangani kian bertambah, baik yang disebabkan karena pelanggaran maupun sebab lain.  Kondisi jalan menikung tajam dan kurangnya rambu rambu lalulintas, menjadi sebab terjadinya kecelakaan lalulintas, baik itu kendaraan roda 2 dan roda 4 di lokasi tersebut.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah kejadian lakalantas oleh polisi, baik dengan memberikan imbauan serta sosialisasi kepada masyarakat dan para pelajar di sekolah maupun pencegahan secara langsung.

Upaya pencegahan secara langsung dilakukan Polres Sekadau dengan memasang spanduk imbauan di lokasi yang seringkali terjadi lakalantas, termasuk di tikungan Bokak Sebumbun.

Sedikitnya ada 2 spanduk yang dipasang tepi jalan, mulai dari jarak 100 meter dan 50 meter sebelum menuju tikungan desa Bokak Sebumbun, dibawah pengawasan langsung oleh Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi, S.I.K.

"Di tikungan jalan tersebut sebelumnya juga telah dipasang Police Line sepanjang tikungan tajam, sehingga diketahui pengemudi kendaraan yang melintas," ujar Kapolres saat meninjau pemasangan spanduk di lokasi, Senin (7/10) pagi.

Spanduk peringatan tersebut dimaksudkan dapat dilihat oleh para pengemudi agar lebih berhati-hati saat berkendara khususnya di lokasi rawan sehingga diharapkan dapat menekan terjadinya lakalantas.

Anggota DPRD Sekadau Yodi Setiawan mengatakan, pihaknya berharap kepada pihak terkait dapat menginventarisir titik dimana sering terjadi Lakalantas, bahkan tak sering merenggut nyawa manusia.

"Menurut saya ada beberapa titik yang rawan Laka dan titik sering terjadinya kecelakaan, seperti di Jembatan Desa Bokak Sebumbun terlihat tidak ada pagar penahan sehingga setiap terjadi laka di wilayah itu pasti masuk ke jurang,"ungkapnya.

Langkah Polres Sekadau, kata dia, bagus dalam hal antisipasi pengendara roda dua atau empat yang melintasi.

"Saya pribadi mendukung langkah Polres Sekadau memasang spanduk imbauan, karena tidak semua pengendara tahu bahwa di Jembatan Bokak iti sering terjadi lakalantas. Dan yang sudah tahu tentu dengan imbauan ini mereka lebih berhati-hati. Jadi saya minta pihak terkait agar dapat membangun pagar penahan agar terjadi laka tidak masuk ke jurang dan nyawa bisa terselamatkan," pungkasnya. (akh)