Senin, 18 November 2019


Daya Serap Anggaran Masih di Bawah 50 Persen

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 96
Daya Serap Anggaran Masih di Bawah 50 Persen

RAKOR - Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sekadau saat melaksanakan rapat koordinasi percepatan penyerapan anggaran tahun 2019 di Pontianak.

SEKADAU, SP - Pemkab Sekadau berkomitmen untuk memaksimalkan penyerapan anggaran tahun 2019, namun hingga triwulan ke tiga ini bulan September 2019 ini, penyerapan anggaran APBD masih di bawah 50 persen.  

"Penyerapan anggaran kita hingga bulan September ini baru 48, 34 persen, maka kita laksanakan rapat koordinasi percepatan penyerapan anggaran tahun 2019. Hal itu agar setiap sektor dan bidang yang ada di instansi Pemkab Sekadau harus maksimalkan penyerapannya," ungkap staf Ahli Bupati Sekadau Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Bambang Darmawan, Kamis (17/10).

Dijelaskannya, bahwa jumlah pagu APBD Kabupaten Sekadau sebesar Rp871 miliar. Rakor yang diselenggarakan di Hotel Gajah Mada Pontianak ini, selain mencari solusi percepatan, juga sekaligus mengevaluasi serapan anggaran tahun 2019.

"Memang ada beberapa kendala yang dihadapi, yakni di faktor perencanaan dan pelaksanaan, terutama pada belanja modal yang memang perlu percepatan. Langkah untuk mempercepat ada strategi yang dilakukan, melalui regulasi dengan dikeluarkan Perbub Nomor 39 Tahun 2019, kemudian mereview kembali pelaksanaan Perbub Nomor 60 Tahun 2017 untuk disampaikan kembali kepada bendahara, KPA, PATK, di lingkup Kabupaten Sekadau. Selanjutnya teknis penyerapan diserahkan kepada masing-masing OPD," jelasnya. 

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sekadau Rupinus, dihadiri Wakil Bupati, staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Sekadau dan akan berlangsung dari tanggal 17 sampai 18 Oktober 2019. (akh)