Senin, 09 Desember 2019


Aloy Daftar ke PAN, Subandrio ke PKPI

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 127
Aloy Daftar ke PAN, Subandrio ke PKPI

DAFTAR – Perwakilan Aloysius saat mengambil formulir pendaftaran calon Bupati Sekadau di Sekretariat DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sekadau, Jalan Merdeka Timur, Rabu (13/11) pagi.

SEKADAU, SP - Wakil Bupati Sekadau Aloysius memastikan diri untuk ikut dalam bursa pencalonan kepala daerah dalam Pilkada Sekadau 2020. Dia mendaftar dan mengambil formulir di Sekretariat DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sekadau, Jalan Merdeka Timur, Rabu (13/11) pagi.  

Saat mengambil formulir pendaftaran ini, Aloysius diwakili oleh lima orang pengurus partai dan kader DPC PDIP Kabupaten Sekadau. 

Diketahui, Aloysius adalah politisi yang cukup berpengalaman di dunia politik. Sebelum menjadi Wakil Bupati Sekadau periode periode 2016-2021, dia pernah menjadi anggota DPRD Sekadau dan menjabat Ketua DPRD.

Ketua DPD PAN Kabupaten Sekadau, Muhammad Jais mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada kader dari PDIP yang datang dalam rangka mendaftar dan mengambil formulir sebagai bakal calon bupati/kepala daerah Kabupaten Sekadau periode 2020-2025 pada Pilkada serentak 2020 mendatang.

"Mewakili DPD PAN Kabupaten Sekadau, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan dari PDIP yang mendaftarkan kandidatnya di partai kami," ucapnya. 

Herman, Sekretaris DPD PAN Kabupaten Sekadau yang sekaligus ketua panitia penjaringan mengatakan, pendaftaran dan penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah DPD PAN Sekadau ada perubahan jadwal. 

“Baik internal maupun eksternal akan berakhir pada tanggal 30 November 2019," jelas Herman. 

Herman mengatakan, sampai hari ini dari internal DPD PAN Kabupaten Sekadau belum ada yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah atau bakal calon wakil kepala daerah. Sementara, dari eksternal ada 4 partai yakni NasDem, Gerindra, Demokrat dan PDIP. 

"Dalam penjaringan bakal calon di DPD PAN Kabupaten Sekadau sistem kami berjenjang. Untuk rekomendasi dikeluarkan oleh DPP pusat. Kami hanya sebatas menerima formulir kemudian kami kirim ke DPW dan selanjutnya ke DPP. Keputusan sepenuhnya ada pada DPP," jelasnya.

Sampai hari ini, kata dia, belum ada bakal calon yang mengembalikan formulir pendaftaran ke Sekretariat DPD PAN. Ia meminta kepada bakal calon yang sudah mengambil formulir supaya dikembalikan. 

"Sebelum pengembalian formulir supaya mengkonfirmasi dulu ke pihak panitia penjaringan bakal calon DPD PAN Kabupaten Sekadau agar dilakukan persiapan dan penyambutan secara sederhana," tukasnya.  

Hipolitus Aso, Sekretaris DPC PDIP Sekadau, Aso mengatakan, bahwa Bapak Aloysius tidak bisa hadir karena ada tugas sebagai wakil kepala daerah yang harus dihadiri. 

"Sehingga, pengambilan formulir diwakili oleh kami dari pengurus DPC PDIP Sekadau. Maksud kedatangan kami ingin mengambil formulir pendaftaran untuk Bapak Aloysius sebagai Bakal Calon Bupati Sekadau. Semoga tercipta hubungan yang baik untuk kita  sama-sama membangun Kabupaten Sekadau yang kita cintai ini," tutur Aso. 

Selain Aloysius, ada pula figur lain yang juga mendaftar. Yakni anggota DPRD Sekadau dari Fraksi Partai Nasdem, Subandrio. Dia menjadi anggota dewan dengan suara terbanyak selama dua periode pemilihan legislatif. Kepercayaan masyarakat yang memilihnya menjadi kunci utama untuknya maju dalam Pilkada Sekadau mendatang.

Ketua DPK PKPI Sekadau Welbertus Willi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Subandrio karena telah mengambil berkas formulir penjaringan calon Bupati Sekadau.

"Untuk itu kami PKPI menunggu Subandrio mengembalian berkas formulirnya. Kami PKPI membuka penjaringan seluas-luasnya bagi seluruh putra putri terbaik Kabupaten Sekadau untuk mendaftar hingga tanggal 15 November 2019 mendatang," ucapnya.

"Berkas yang sudah masuk pasti kita verifikasi, dan kemudian akan diteruskan ke DPP. Keputusan final berada di Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKPI," tukasnya. 

Sementara itu, Subandrio mengatakan, sesuai jadwal, dia rencananya akan mengembalikan berkas pendaftaran pada tanggal 15 November 2019.

"Untuk sementara, sudah di empat partai saya ambil formulir, yakni Nasdem, PAN, Gerindra dan PKPI,” tukasnya. (akh)