Rabu, 11 Desember 2019


Dewan Desak SKPD Maksimal Serap Anggaran

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 66
Dewan Desak SKPD Maksimal Serap Anggaran

Anggota DPRD Sekadau dari Fraksi Gerindra, Yodi Setiawan. IST

SEKADAU, SP - Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Yodi Setiawan mendesak Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk lebih fokus kepada pekerjaan fisik, terutama dari anggaran yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Ini sudah menjelang akhir tahun anggaran, agar pekerjaan selesai tepat waktu dan tidak numpuk di akhir tahun,” katanya, Kamis (14/11).

Sebab, kata dia, serapan angaran APBD dari DAK harus seratus persen. Jika tidak seratus persen, maka konsekwensinya pada anggaran tahun berikutnya, DAK akan dipotong oleh pemerintah pusat.

"Maka dari itu, dengan waktu yang tersisa kurang lebih satu bulan ini hendaknya betul-betul dimaksimalkan pekerjaan di setiap dinas teknis, agar semua kegiatan fisik di lapangan betul-betul selesai," kata Yodi anggota DPRD dari Fraksi Gerindra ini 

Menurut dia, saat ini serapan anggaran di sejumlah SKPD yang memiliki program fisik, masih sangat rendah. Hal , ini tentu dipicu banyaknya kendala yang tidak tertangani dengan baik. Padahal, sebelum tanggal 15 Desember, Pemda sudah harus tutup buku akhir tahun anggaran.

"Jadi, saya meminta agar bupati tidak memberikan ijin keluar daerah bagi para kepala SKPD, kecuali ada hal yang mendesak, misalnya dipangil gubernur atau kementrian. Tapi kalau hanya sekedar koordinasi sebaiknya ditunda dulu," ucapnya. 

"Tujuanya, agar kegiatan fisik bisa diawasi dengan baik, lagi pula jika ada teman-teman kontraktor mengurus adminitrasi bisa lancer dan tidak harus menungu kepala dinasnya," imbuhnya. (akh)