Rabu, 19 Februari 2020


Ketua DPC PDIP Sekadau Daftar ke Demokrat, Jefray Nyatakan Keputusan Final Ada di DPP

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 174
Ketua DPC PDIP Sekadau Daftar ke Demokrat, Jefray Nyatakan Keputusan Final Ada di DPP

DAFTAR - Pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Sekadau, mendatangi sekretariat partai berlambang Bintang Mercy tersebut, Senin sore (20/1). Kedatangan para pengurus tersebut mewakili sang Ketua DPC PDIP Perjuangan, Aloysius, yang saat ini masih menjabat sebag

SEKADAU, SP - Perpolitikan menjelang Pilkada Serentak Tahun 2020 Kabupaten Sekadau, kian dinamis. Bahkan beberapa kejutan bermunculan.

Salah satu kejutan itu terlihat di Sekretariat DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau, kawasan Jembatan Penanjung.

Beberapa pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Sekadau, mendatangi sekretariat partai berlambang Bintang Mercy tersebut, Senin sore (20/1).Kedatangan para pengurus tersebut adalah mewakili sang Ketua DPC PDIP Perjuangan, Aloysius, yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup).

“Kedatangan kami untuk mendaftarkan Pak Aloysius sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati ke Partai Demokrat,” kata Ponsianus Herman, Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Komunikasi PDI Perjuangan Sekadau.

Keputusan PDI Perjuangan yang mendaftarkan Aloysius yang berstatus sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Sekadau ke Partai Demokrat, cukup mengejutkan. Sebab, selama ini, ada kesan di lapangan bahwa kedua partai tersebut akan terbelah di Pilkada Serentak Tahun 2020 Pemilihan Bupati dan Wabup Sekadau.

“Politik itu kan dinamis, bisa saja berubah setiap saat, bahkan hingga detik terakhir atau last minute,” kata Herman berdiplomasi.

Sementara itu, Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam menegaskan, dalam perpolitikan, beda pandangan merupakan hal yang biasa. Namun, untuk menyatukan visi misi dalam membangun Kabupaten Sekadau.

“Terkadang saling gontok, tapi juga kan bisa harmonis. Kita bisa duduk bersama, apabila dalam rangka membangun Kabupaten Sekadau,” kata Jeffray.

Lantas apakah ada kemungkinan PDI Perjuangan akan kembali berkoalisi dengan partai Demokrat dalam Pilkada tahun ini? Jefray tidak memberikan jawaban tegas. Ia hanya menyatakan, bahwa Partai Demokrat membuka diri kepada siapa saja yang berminat mendaftar sebagai Balon Bupati.

“DPC tidak memutuskan koalisi. Keputusannya ada di DPP. Kita menerima pendaftaran dari pihak mana saja. Untuk keputusan akhir, tetap ada di tangan DPP,” elak Jefray.

DPC Partai Demokrat Kabupaten Sekadau, telah membuka pendaftaran Balon Bupati- Wabup selama 18 hari, yaitu sejak Selasa (7/1) hingga (25/1). Pendaftaran berlangsung di Sekretariat DPC Parti Demokrat, Jalan Merdeka Timur, Sekadau Hilir.

Pembukaan pendaftaran ini ditandai dengan dilaksanakannya konferensi pers kepada sejumlah media massa oleh pengurus DPC Demokrat Sekadau. Turut hadir dalam kegiatan itu antara lain Jeffray Raja Tugam, Sekjen DPC sekaligus Ketua Tim Penjaringan, Wakil Ketua DPC Rony Lam, Bendahara Ahan Jau, Ketua PAC Sekadau Hilir, M Tritmoko Joko dan sejumlah kader Partai Demokrat.

Jeffray menyatakan, sesuai perintah DPP, Partai Demokrat di tingkat Kabupaten/Kota secara serentak membuka penjaringan kepada Balon Bupati-Wabup yang akan maju dalam Pemilukada Serentak Tahun 2020. Terkait jumlah kursi Partai Demokrat di DPRD, yang tidak mencukupi untuk mencalonkan diri, maka Partai Demokrat akan berkoalisi dengan partai lain.

“Kita juga terbuka untuk berkoalisi bersama partai lain. Oleh karena kita menerima siapa saja yang ingin mendaftar di Partai Demokrat,” kata Anggota DPRD Kabupaten Sekadau Dapil III Sekadau tersebut.

Jeffray mengungkapkan, pendaftaran di Partai Demokrat tidak dipungut biaya atau adanya mahar partai. Pihaknya di tingkat DPC bertindak selaku penerima pendaftaran, sedangkan berkas pendaftaran para calon nantinya akan diteruskan kepada DPP untuk diambil keputusan bakal calon yang akan diusung. (akh)