Rabu, 20 November 2019


Empat Hektar Sekolah Alam di Kota Singkawang Terbakar

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1188
Empat Hektar Sekolah Alam di Kota Singkawang Terbakar

Sekolah alam di Jalan STKIP Kelurahan Sungai Naram, Kecamatan Singkawang Utara terbakar sekitar pukul 16.30 WIB, Senin (11/4).(eliazer partoguan/suara pemred)

SINGKAWANG, SP - Empat hektar lahan di Jalan STKIP Kelurahan Sungai Naram, Kecamatan Singkawang Utara terbakar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, Senin (11/4). Lokasi kebakaran juga merupakan lokasi sekolah alam, dan berada dekat dengan pusat sekolah para penyandang autis.

Yuyu Wahyudin, Kasi Operasional Mangala Agni Singkawang mengatakan, api mulai membesar sekitar selepas maghrib. "Kami mendapat kabar api mulai membesar sekitar lepas magrib, setelah mendapat kabar kita langsung menurunkan anggota untuk melakukan pemadaman," ujarnya di lokasi kejadian.

Dia mengatakan, kondisi api mulai membesar berawal dari bagian tengah lahan. "Awalnya dari sana kemudian baru menyebar," ucapnya.

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD SKW, Jayadi mengatakan, kuat dugaan kebakaran lahan dikarenakan adanya unsur kesengajaan. Meskipun udara di Kota Singkawang pada siang hari berada pada cuaca yang sangat panas.

"Dari waktu kebakaran pada malam hari kuat dugaan karena disengaja," tegasnya.

Sekitar 5 unit mobil pemadam kebakaran malam itu dikerahkan, untuk memadamkan api. Warga sekitar yang ada dilokasi secara bahu membahu juga ikut membantu memadamkan api.

Fatur salah seorang warga disekitar lokasi mengatakan, di kondisi lahan yang terbakar sebelumnya, sempat dilakukan penebasan rumput.
"Ada penebasan rumput di sana. Selepas maghrib api mulai membesar, khawatirkan api menjalar dan membakar sekolah," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, lokasi kebakaran merupakan tanah milik Walikota Singkawang, Awang Ishak. (jee/lis)