Dinas Keluhkan Aturan Pengawasan Mamin

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 795

Dinas Keluhkan Aturan Pengawasan Mamin
Ilustrasi
SINGKAWANG, SP – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Singkawang, Hendryan mengatakan kebijakan wewenang pengawasan makanan dan minuman (mamin) yang diambil alih Pemprov Kalbar, dinilai dapat mempersulit dinas setempat melakukan pengawasan peredaran mamin, khususnya menjelang akhir tahun.

“Kita tidak bisa lagi melakukan pengawasan, padahal saat Natal dan pergantian tahun Singkawang rentan masuk makanan dan minuman illegal,” ujar  Hendryan.

Dia mengungkapkan peralihan wewenang pengawasan tersebut resmi berlaku sejak bulan Oktober 2016 lalu. Dalam aturan tersebut mengatur,  apabila pihaknya akan melakukan pengawasan terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari pemprov.


"Jadi kita sudah tidak punya wewenang lagi dalam melakukan pengawasan terhadap peredaran makanan dan minuman. Aturan ini juga membuat pelayanan ke masyarakat menjadi jauh," sesal Hendryan.

Padahal menurut dia, jika mengacu pada tenaga profesional untuk melakukan uji kelayakan mamin, dinasnya tidak akan mengalami kendala.
“Kita mempunyai tenaga profesional untuk melakukan pengawasan. Intinya sekarang ini, kalo ada perintah, maka kita siap melakukan,” tuturnya. (abd/jee)