Panwaslu Singkawang Awasi Pemberian Angpau Saat Imlek

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 799

Panwaslu Singkawang Awasi Pemberian Angpau Saat Imlek
Ilustrasi
SINGKAWANG, SP – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Singkawang memberikan 'lampu kuning' kepada warga yang akan memberikan angpau saat Imlek dan Cap Go Meh (CGM) 2017. Pasalnya, waktunya berdekatan dengan tahapan Pilkada.  

"Dari unsur menjanjikan untuk mempengaruhi pemilih saja sudah termasuk pelanggaran. Apalagi memberi dengan tujuan tertentu," ujar Hendra, Divisi Penegakan Pelanggaran Pemilu, Panwaslu Singkawang.  

Menurutnya, Panwas telah menilai bahwa budaya pemberian angpau atau pemberian uang bisa termasuk kategori politik uang. Apabila nantinya menemukan bukti terjadi pelanggaran, maka pihaknya akan membawa temuan tersebut untuk diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  

"Kita sudah membuat surat imbauan mengenai larangan yang menjanjikan melalui uang, ataupun barang kepada penyelenggara pemilu, atau pemilih. Karena ini berkenaan dengan sanksi pidana," tegasnya.  

Hendra menekankan bagi yang terbukti melakukan pelanggaran tersebut, ancaman sanksi pidananya akan menunggu. Dia pun meminta, baik para paslon maupun tim sukses untuk mentaati aturan agar Pilkada Singkawang berjalan berintegritas.   

Terpisah, Ketua Panitia Imlek dan CGM 2017, Wijaya Kurniawan memastikan rangkaian pelaksanaan Imlek dan CGM di Kota Singkawang tidak akan disusupi dengan kepentingan politik.   

"Imlek dan Cap Go Meh ini murni merupakan budaya yang turun menurun. Saya pikir tidak bisa disusupi dengan kepentingan yang lain. Paslon saya yakin juga sudah mengerti bahwa ini merupakan kegiatan budaya," katanya.  

Sebelumnya, Anggota DPRD Kalbar dari daerah pemilihan (Dapil) Singkawang-Bengkayang Johanes  A Dopong juga meminta kepada masing-masing Paslon dan tim sukses untuk tidak menjadikan Imlek dan CGM di Singkawang sebagai ajang melakukan kampanye.
 

“Ini juga untuk menghindari terjadinya gesekan saat pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh nanti,” harapnya. (abd/jee)

Baca Juga:
Jelang Eksekusi Mati Uncle Ong, Kejari Sanggau Siapkan Dua Lokasi
Kata Menteri Asman Pejabat Sudah Dilantik Dapat Dibatalkan
Udin Penerima Ratusan Detonator dari Sulsel Masih Dicari