Senin, 23 September 2019


Pemkot Singkawang Rancang Program Kartu PBI

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 1815
Pemkot Singkawang Rancang Program Kartu PBI

Ilustrasi

SINGKAWANG, SP – Pemerintah Kota Singkawang tengah menggodok program kartu Penerima Bantuan Iuran (PBI). Program ini diperuntukan bagi warga miskin di Kota Singkawang yang tidak terakomidir pada program Pemerintah Pusat, Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Rencana program kartu PBI itu, disambut hangat warga Kota Singkawang.

"Kesehatan ini kan aspek yang cukup penting, tentu ini sudah sewajarnya. Saya berharap  ini tepat sasaran, dan jangan sampai ada keluhan warga miskin yang tak dapat bantuan," kata Imam, warga Kelurahan Condong, Selasa (24/1) kemarin.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Singkawang, Ahmad Kismed, belum semua warga kurang mampu di Kota Singkawang terakomodir program KIS.

"Ada sekitar 50.000 warga miskin yang memang dibiayai oleh APBN untuk KIS.. Namun, masih banyak juga warga yang belum termasuk, mereka inilah yang diakomodir,” jelas Kismed.

Dikatakannya, anggaran PBI bersumber dari APBD 2017 Pemkot Singkawang.

"Ada sekitar Rp5 miliar yang dialokasikan untuk mereka yang kita tanggung melalui APBD. Penerima bantuan iuran yang dibiayai pemerintah ini sudah termasuk preminya juga," ujar dia.

Kismed menjelaskan untuk menjadi peserta PBI, tidak rumit. Warga yang ingin mendaftar cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Tidak Mampu ke Dinas Sosial. Data tersebut kemudian akan diverifikasi. (abd/jee)

Baca Juga:
Pemkot Singkawang Masih Menunggu Kepastian Presiden Hadiri Cap Go Meh
Kategori Pelayanan Publik Buruk, Bupati Sambas: Saya Baru Tahu
Dugaan “Arisan” Tender Jalan di Kalbar, KPPU Periksa 9 Perusahaan