Danramil Sedau Ingatkan Warga Tak Percaya Berita Hoax

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 744

Danramil Sedau Ingatkan Warga Tak Percaya Berita Hoax
ilustrasi
SINGKAWANG, SP - Danramil 1202-16 Sedau, Kapten Infantri Taufik Wiramansyah mengajak masyarakat agar tidak mudah percaya adanya isu berita hoax.

Pernyataan itu diutarakannya pada saat menggelar pertemuan dengan masyarakat Singkawang Timur, di Aula Kantor Kecamatan Singkawang Timur, Senin (22/5).

Hadir dalam acara tersebut Muspika kecamatan Singkawang Timur, lurah se-kecamatan Singkawang Timur dan para ketua RT se-Singkawang Timur.

Dia juga menyarankan agar warga mencermati informasi yang didapatnya. Jangan terpancing dengan informasi hoax atau belum valid kebenarannya.

"Jangan mudah percaya, harus dibuktikan dari mana sumber berita tersebut," pintanya.

Dia menambahkan, agar para Ketua Rt/Rw dapat saling menjaga ketertiban umum dan selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat.
"Koordinasi cepat dapat mempercepat penyelesaian masalah," katanya.

Karena, hoax menjadi salah satu pemicu fenomena putusnya pertemanan, gesekan, dan permusuhan.
Menurutnya, informasi yang bersifat hoax dapat menyebar dengan cepat baik melalui saluran media sosial maupun grup di aplikasi chatting, misalnya WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan masih banyak lagi.

Apalagi banyak berita hoax yang mengarah kepada perpecahan, yang beredar di media sosial merupakan berita palsu atau hoax.

Namun, setelah diklarifikasi ke beberapa pihak, ternyata pesan berantai melalui media sosial tersebut sengaja disebarkan oleh orang tidak bertanggung jawab supaya masyarakat resah dan cemas.

"Kami mengharapkan peran masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di kecamatan Singkawang Timur, serta selalu menjalin sinergitas untuk menciptakan Kecamatan Singkawang Timur yang aman dan kondusif," katanya. (ant/jee)