Panen Jagung Singkawang Belum Maksimal

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 783

Panen Jagung Singkawang Belum Maksimal
PANEN JAGUNG - Danramil 1202-11/Kota Kapten Inf Katirin mewakili Dandim 1202/Skw menghadiri kegiatan panen raya jagung bersama Walikota Singkawang, Selasa (24/11) lalu, di lahan kelompok tani Sekar Ayungan Jalan Pandaringan, Kelurahan Nyaromkop, Kecamat
PONTIANAK, SP - Wakil Ketua Anggota DPRD Kota Singkawang,  Sumberanto Tjitra meminta Dinas Pertanian untuk aktif membina para petani jagung, agar dapat  meningkatkan hasil panennya.   

Ia mengatakan, hasil panen jagung petani sebagai penunjang pakan ternak, dinilainya masih sangat kurang. Bahkan, Singkawang masih tergantung pada petani jagung dari kabupaten tetangga untuk memenuhi kebutuhan pakan para peternak.     
Padahal, lahan untuk tanaman jagung di Kota Singakawang sangat memadai. Namun faktanya, sampai hari ini masih jauh dari harapan swasembada jagung.   

"Kalau kita di singkawang ini, ada dua wilayah yang tepat untuk budidaya pertanian jagung, yakni di Kecamatan Singkawang Timur dan Singkawang Selatan," katanya.  

Dari dua wilayah ini, ada sekitar 500 hektare yang berpotensi untuk difokuskan ke tanaman jagung. Kalau lahan ini diintensifkan, Singkawang biasa mendapat lebih kurang 2100 ton jagung setiap panen. 

 "Oleh sebab itu, saya kira, dinas terkait harus lebih gencar membina petani jagung. Supaya, hasil panen minimal dapat mencukupi kebutuhan pakan ternak para peternak ayam di Kota Singkawang," pintanya. 
 

Menurut Sumberanto, akibat rendahnya hasil panen jagung petani lokal, juga berdampak pada harga jangung pakan di pasaran  yang kian meroket tajam.  

"Harga jagung yang naik drastis ini, tentu membuat para peternak menjerit," katanya.  Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Singkawang, Yusnita mengakui, hasil panen petani jagung lokal, memang masih belum mampu mencukupi kebutuhan lokal.   

"Sistem petani jagung kita, memang masih tumpang sari. Namun, kita terus melakukan pembinaan. Kita berharap, petani jagung Singkawang terus aktif menanam jangung, supaya hasil panennya terus meningkat," tuturnya. (abd/bob)