Rabu, 18 September 2019


Pembangunan Bandara Singkawang Terus Diupayakan

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 1929
Pembangunan Bandara Singkawang Terus Diupayakan

Isi Bahan Bakar – Pesawat terbang komersil tengah mengisi bahan bakar di landasan pecu bandara. Di Kota Singkawang, upaya pembangunan bandara juga mendapat dukungan dari DPRD Kalbar.

SINGKAWANG, SP – Anggota DPRD Kalbar, Bong Chin Nen meyakinkan pembangunan Bandara Singkawang merupakan salah satu pembangunan penting yang harus dilakukan di Kota Singkawang.   Karenanya, legislator dari daerah pemilihan Kota Singkawang-Kabupaten Bengkayang ini akan turut berupaya agar pembangunannya dapat teralisasi.

  "Kita akan kawal agar pembangunan bandara sesuai harapan. Kita juga meminta masyarakat mendukung," ujarnya saat menghadiri Musdalub Partai Golkar di Taman Pasir Panjang Singkawang, Minggu (5/8).   Salah satu proses pembangunan bandara yang penting untuk mendapat perhatian adalah pembebasan lahan. Proses ini dianggap rawan terjadi polemik, karena lahan yang dibebaskan masuk dalam lahan milik masyarakat.    

   “Untuk pembebasan lahan harus dilakukan dengan baik. Pemerintah juga harus melakukan pendekatan dengan masyarakat agar tidak terjadi konflik," terangnya.   Selain lahan milik Pemkot Singkawang, sebagian lahan untuk pembangunan bandara juga masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkayang. Menurut Bong Chin Nen, berdasarkan informasi yang ia dapat, Pemkab Bengkayang sudah menyatakan siap untuk menyerahkan lahan mereka. Itu artinya arah pembangunan bandara Singkawang sudah semakin berpeluang untuk terwujud.  

"Persetujuan mereka dituangkan dalam penandatanganan berita acara kesepakatan lokasi bandara baru Kota Singkawang, pada konsultasi publik pengadaan tanah untuk pembangunan bandar udara baru di Kota Singkawang, di Aula SPP Kecamatan Singkawang Selatan kemarin," katanya.  

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Sumberanto mengatakan rencana pembanguan Bandara Singkawang telah direncanakan sejak tahun 2001, namun hingga saat ini belum terealisasi.  

"Sejak terbentuknya Kota Singkawang 2001 lalu rencanan pembangunannya  sudah ada, tapi memang membangun bandara butuh proses yang panjang," ujarnya.
  Ia juga mengatakan, DPRD Singkawang sudah melakukan upaya agar pembangunan bandara terealisasi. Seperti melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Pemprov Kalbar maupun Pemeruintah Pusat.  

"Kita sudah lakukan berbagai upaya, kita harap ini dapat segera terealisasi, sebab adanya bandara akan berdampak positif tidak hanya untuk Singkawang tapi juga kabupaten sekitar,” tuturnya.  

Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Sumastro mengatakan pembangunan Bandara Singkawang saat ini terus berlanjut. Ia juga menjelaskan, saat ini tahap persiapan pembebasan lahan sedang dilakukan. Rencananya bulan Agustus ini akan dilakukan penunjukan konsultan untuk melakukan penilaian harga pembebasan lahan milik masyarakat. (pul/jee)