Kamis, 19 September 2019


Dinas Pertanian Gelar Latihan Pemotongan Hewan Kurban

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 897
Dinas Pertanian Gelar Latihan Pemotongan Hewan Kurban

ilustrasi

SINGKAWANG, SP - Menyambut hari raya Idul Adha 2017 Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Singkawang akan menggelar pelatihan pemotongan hewan kurban sesuai syariah Islam.   Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Singkawang, Yusnita menjelaskan kegiatan akan dilaksanakan 15 Agustus mendatang.  

"Untuk pelatihan nanti menggandeng Kemenag Kota Singkawang, sedangkan peserta yang akan dilibatkan dari pengurus masjid yang biasa melaksanakan pemotongan hewan kurban," ujarnya, Kamis (10/8).   Pada pelatihan tersebut akan dibagi tugas. Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan mengajarkan teknis pemotongan, sedangkan Kemenag mengajarkan cara pemotongan hewan kurban sesuai syariat Islam.  

"Kita berharap dengan ini masyarakat yang mengkonsumsi hewan kurban kelak menjadi Pangan Asal Hewan Aman Sehat Utuh dan Halal (PA-ASUH) untuk di konsumsi oleh masyarakat Singkawang," katanya.   Yusnita berpesan sebelum hewan kurban dipotong harus diperiksa kesehatannya dahulu oleh dokter hewan atau petugas yang sudah ditunjuk.  

"Saya juga mengajak umat Islam yang ada di kota Singkawang untuk dapat berkurban di hari raya Idul Adha kelak bagi yang mampu, sebab itu sebuah kewajiban juga. Dan bukan setiap hari melainkan setahun sekali," pungkasnya.   Sementara itu Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Singkawang, Mukhlis mengatakan bahwa tata cara pemotongan hewan kurban harus sesuai dengan syariah Islam dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.   

"Jadi yang harus diketahui oleh pelaku pemotong hewan kurban yakni adalah syarat dan rukun memotong, seperti menggunakan pisau yang tajam, diniatkan betul-betul karena Allah, disunnahkan menghadap kiblat, berpakaian yang bersih, dan mempunyai karakter dan akhlak yang bagus. Jadi orangnya tak bisa sembaragan," katanya. (pul/jee)