Minggu, 22 September 2019


Ribuan Warga Saksikan Pawai Akbar

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 571
Ribuan Warga Saksikan Pawai Akbar

Pawai Akbar - Peserta pawai akbar 1 Muharam yang digelar oleh PHBI Singkawang saat melewati rute jalan di depan Masjid Raya Singkawang, Kamis (21/9).

SINGKAWANG, SP - Ribuan warga menyaksikan pawai akbar 1 Muharram yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang, Kamis (21/9) siang.

Pawai dimulai pukul 14.00 WIB dan diikuti diikuti seluruh Ormas Islam di Singkawang, perguruan tinggi, pelajar, dan masyarakat umum Kota Singkawang. Hadir sebagai pembuka acara Asisten 1 Pemerintahan Setda Kota Singkawang, Hery Apriyadi.

"Alhamdulillah antusias peserta untuk mengikuti pawai ini sangat ramai. Kepada peserta maupun penonton diharapkan bisa bersama-sama menjaga ketertiban selama pawai berlangsung," kata Hery Apriadi.

Hery berharap, melalui pawai akbar ini kita semua bisa mengambil hikmah dari perjuangan Rasulullah SAW.

"Kepada para peserta pawai bisa merenungkan bahwa seperti inilah perjalanan Rasulullah SAW pada waktu melaksanakan hijrah dari Mekah ke Madinah," ujarnya.

Masyarakat Kota Singkawang diharapkan dia bisa memahami apa yang dinamakan hijrah dalam hal ibadah, sosial dan perundang-undangan. Termasuk bagaimana kepedulian kita terhadap umat Rohingya.

"Bagaimanapun ini tidak boleh bertantangan dengan aturan yang berlaku," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, ditahun baru Islam ini, ia berharap khususnya kepada generasi muda bisa semakin maju dalam dunia pendidikan.

"Kepada para generasi muda diharapkan bisa menjauhi narkoba, tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan, serta sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban yang sasaran akhirnya adalah untuk mewujudkan Singkawang yang aman, nyaman, maju dan sejahtera berbasis jasa perdagangan dan industri menuju hijrah Singkawang hebat 2022," ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PHBI Kota Singkawang, Ruslan Karim mengaku antusias peserta untuk mengikuti pawai tersebut sangat luar biasa.

"Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya untuk memeriahkan pawai akbar 1 Muharram kita mengiming-imingi kepada peserta dengan hadiah maupun piala, tapi tahun ini kita sengaja tidak memberikan apa-apa, dan alhamdulillah peserta sangat ramai yang mengikutinya," kata Ruslan.

Menurutnya, antusias masyarkat merupakan bukti kepedulian umat Islam terhadap sesame, sesuai degan tema yang diangkat, yakni Peduli Kemanusiaan Rohingya.

Saat pawai akbar berlangsung juga, para peserta dan masyarakat juga diajak berinfaq untuk membantu umat Islam Rohingya di Myanmar yang hasilnya nanti akan diserahkan ke Baznas untuk dikelola dan disalurkan ke pihak yang berhak menerima.


Adapun rute yang dilalui peserta pawai, dari lapangan sepak bola Tarakan peserta pawai berjalan menuju Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Nusantara, Jalan Setia Budi, Jalan Sejahtera, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Yos Soedarso, Jalan Masjid, Jalan Merdeka dan finis di depan Masjid Raya Singkawang. (rud/jee)