Warga Minta Jalan di Pusat Kota Dibuka

Singkawang

Editor Tajil Atifin Dibaca : 462

Warga Minta Jalan di Pusat Kota Dibuka
Ditutup – Jalan di pusat Kota Singkawang, tepatnya di depan Vihara Tri Dharma Bumi Raya telah ditutup sejak lama. Warga meminta agar jalan tersebut dibuka kembali untuk kepentingan pengguna jalan
SINGKAWANG, SP - Penutupan akses jalan di depan Vihara Tri Dharma Bumi Raya dikritik masyarakat. Mereka menilai, penutupan kases jalan tersebut telah terlalu lama dilakukan dan menggangu lalu lintas masyarakat.   Kritikan tersebutpun telah disampaikan masyarakat ke DPRD Singkawang, dengan harapan dapat ditindaklanjuti. Ketua DPRD Singkawang, Sujianto membenarkan adanya keluhan masyarakat terhadap penutupan ases jalan di pusat Kota Singkawang tersebut.    "Kita telah menerima surat dari sejumlah masyarakat terkait ditutupnya akses jalan menuju Jalan Sejahtera," kata Sujianto, Senin (16/10).

Dalam surat tersebut dijelaskan Sujianto, warga menuntut akses jalan yang ditutup sejak tahun 2003 itu dibuka kembali dengan alasan menyakut kepentingan masyarakat banyak.
  "Saya minta Pemkot bisa mencarikan solusinya, atau dikembalikan fungsi jalan itu," pintanya.

Menurutnya pula, belum ada peraturan daerah (Perda) yang mengatur tentang penutupan jalan dan yang juga yang penting diperhatikan, pembukaan jalan juga untuk menekan terjadinya konflik masyarakat karena penutupan jalan yang dilakukan.

"Penutupan akses jalan bisa saja dilakukan namun tidak harus selamanya seperti ini. Kalau memang ada kegiatan ibadah ini bisa saja ditutup, setelah selesai di buka kembali. Sekarang kan jalan itu kalau malam dijadikan tempat parkir," tuturnya.

Terpisah, Kepala Satuan Lulu Lintas Polres Singkawang, AKP Priyanto mendukung jika akses jalan dibuka kembali. Bahkan diakuinya, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait permasalahan tersebut.

"Kami telah siapkan rekayasa terkait hal tersebut, namun tidak serta merta kita buka terus masalah selesai. Paling tidak sebelum saya memutuskan, kami akan mengundang stake holder terkait," katanya.

Pada dasarnya, dilanjutkan Priyanto, pihaknya ingin membuat lalu lintas di Singkawang bisa menjadi lebih tertib dan baik.
  "Ini perlu dukungan semua elemen yang berkaitan dengan lalu lintas, termasuk pengguna jalan,” tegasnya. (rud/jee)  

 

Komentar