Senin, 16 Desember 2019


Tim Medis Bantu Operasi Pasien Kusta

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 563
Tim Medis Bantu Operasi  Pasien Kusta

PENDERITA KUSTA – Penderita penderita kusta yang mengalami cacat permanen di bagian kaki. Di Kota Singkawang, Rumah Sakit Kusta (RSK) Alverno ekan mendatangkan tim medis dari Surabaya untuk membantu operasi rekontruksi pasien cacat akibat kusta. (Net)

RSK Alverno Akui Minim Sumber Dana


Direktur Rumah Sakit Kusta Alverno, dr Ompusunggu Barita
"Tim ini akan melakukan aksi sosialnya dengan mengoperasi pasien-pasien di RSK Alverno. Kita doakan kegiatan ini berjalan lancar dan pasien kita bisa dioperasi"

SINGKAWANG, SP – Tim medis dari Surabaya akan datang ke  Rumah Sakit Kusta (RSK)  Alverno Kota Singkawang untuk melakukan rekonstruksi kepada pasien cacat akibat penyakit kusta.

Direktur Rumah Sakit Kusta Alverno, dr Ompusunggu Barita mengatakan, tim medis rencanannya datang pada 2 hingga 3 Maret 2018. Mereka yang datang terdiri dari empat orang dokter bedah orthopedi, tiga dokter anastesi dan dua perawat.

"Tim ini akan melakukan aksi sosialnya dengan mengoperasi pasien-pasien di RSK Alverno. Kita doakan kegiatan ini berjalan lancar dan pasien kita bisa dioperasi," katanya, Kamis (22/2).

Barita menjelaskan, tujuan merekonstruksi pasien untuk mengembalikan fungsi organ yang cacat, terutama tangan dan kaki akibat kusta. Sementara jumlah pasien yang nanti dioperasi berjumlah 20 pasien

“Pasca operasi diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan diri pasien, dan yang lebih utama bisa lebih meningkatkan beraktivitas, sehingga taraf hidupnya bisa meningkat," ujarnya.

Dia juga berharap, aksi sosial yang dilakukan tim medis dapat menjadi motivasi pihak lain, khususnya masyarakat untuk lebih peduli terhadap pasien kusta, dan semakin banyak donatur yang bersedia untuk berbagi karena mengingat RSK Alverno tidak memiliki sumber dana yang cukup, kecuali sedikit klaim dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Sementara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang, A Kismed menyambut baik aksi sosial tim dokter ke RSK Alverno. Namun Kismed mengaku, pihaknya belum mendapat pemberitahuan resmi dari pengurus RSK Alverno.

"Sampai dengan hari ini dari rumah sakit belum memberikan surat pemberitahuan ke Dinkes mengenai akan digelarnya aksi sosial tersebut," katanya.

Untuk itu, ia pun beharap agar pengelola RSK Alverno menyampaikan surat pemberitahuan resmi ke pihaknya.

“Karena ini kan waktunya sudah dekat. Jadi kami harap ada pemberitahuan ke kami,” pungkasnya.

Wali Kota Turun Langsung


Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menjelaskan pasien penderita kusta yang akan menjalani operasi rekonstruksi adalah pasien yang telah lama dirawat di RSK Alverno.

"Jadi saya yang membawa para tim medis dari Surabaya ini untuk meninjau langsung dan melakukan aksi sosial kepada penderita kusta," katanya.

Terkait belum adanya pemberitahuan dari pihak rumah sakit ataupun relawan akan segera dirinya komunikasikan terlebih dahulu kepada yang bersangkutan.

"Nanti akan saya tanyakan lagi apakah sudah memberitahukan kepada dinas terkait mengenai aksi sosial yang akan dilakukan," ujarnya. (rud/jee)