300 Warga Terima Bantuan PKH, Bantuan Harus Digunakan Sesuai Kriteria

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 216

300 Warga Terima Bantuan PKH, Bantuan Harus Digunakan Sesuai Kriteria
ANTRE BANTUAN – Warga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Singkawang Selatan antre mengambil bantuan di Sekretariat PKH, Jalan Alianyang, Rabu (7/3). Bantuan pertama disalurkan sebesar Rp500 ribu . (SP/Rudi)
Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Singkawang, Rommy.
"Misalnya jika bantuan yang diterima untuk kriteria anak sekolah, maka bantuan yang diterima harus di khususkan untuk anak sekolah. Begitu juga kalau bantuan kriterianya untuk balita, ibu nifas dan lansia"

SINGKAWANG, SP – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang menyalurkan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 300 warga di Sekretariat PKH, Jalan Alianyang, Rabu (7/3).

Jumlah batuan yang diterima warga jumlahnya sebesar Rp1.890.000 dan pembagiannya dilakukan empat tahap.

“Untuk tahap pertama, jumlah bantuan yang disalurkan sebesar Rp500 ribu,”  ujar Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang, Rommy.

Dikatakan Romi, penyaluran bantuan kali ini dikhususkan untuk warga di Kecamatan Singkawang Selatan di tiga kelurahan antaralain, Sijangkung, Sagatani dan Pangmilang.

Ia melanjutkan, setelah disalurkan, warga penerima bantuan akan mendapat pendampingan dari untuk mengarahan manfaat dan kegunaan dana bantuan yang mereka terima agar digunakan sesuai dengan kriteria.

"Misalnya jika bantuan yang diterima untuk kriteria anak sekolah, maka bantuan yang diterima harus di khususkan untuk anak sekolah. Begitu juga kalau bantuan kriterianya untuk balita, ibu nifas dan lansia," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pendamping PKH dari Kecamatan Singkawang Selatan, A'ad mengatakan, setelah penyaluran selesai akan dilakukan pertemuan dengan warga penerima bantuan untuk memuktahirkan data dan menyamapaikan tujuan bantuan PKH, kemudian dilanjutkan dengan Family Development Session (FDS).

"FDS ini adalah tujuan akhir kita supaya mereka paham akan bagaimana pendidikan anak, pola pengasuhan anak, mengatur keuangan keluarga, sampailah pengolahan usaha," ungkapnya.

Tujuannya, agar penerima bantuan bisa dibantu dengan bantuan pemerintah berupa tambahan dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sehingga mereka bisa mengelola keuangan dan menentukan usaha sesuai dengan kemampuan mereka.

Kebutuhan Sekolah


Salah satu penerima PKH dari Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Zubaidah mengatakan, adanya bantuan akan digunakan untuk membiayai keperluan sekolah anaknya.

"Yang jelas uang bantuan itu akan saya gunakan untuk beli buku, tas dan sepatu," katanya.

Dia meyakini sudah memahami arti dari program PKH tersebut meskipun masih terbilang baru.

"Saya yakin sudah paham apa itu program PKH, karena sebelumnya juga sudah ada sosialisasi dari Pemkot Singkawang mengenai program tersebut," ujarnya. (rud/jee)