Rabu, 13 November 2019


Kebakaran RSUD Abdul Aziz Sebabkan Kerugian Rp1 Miliar

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 299
Kebakaran RSUD Abdul Aziz Sebabkan Kerugian Rp1 Miliar

Kebakaran RSUD Abdul Aziz Singkawang. (Okezone)

SINGKAWANG, SP - Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Carlos Dja'afara mengatakan, kerugian pasca kebakaran yang menimpa Instalasi Radiologi rumah sakit adalah sebesar Rp1 miliar lebih.

"Kerugian UPS diperkirakan mencapai Rp1 miliaran kemudian gedungnya sekitar Rp200 juta," kata Carlos, Rabu (14/3).

menurut Carlos, untungnya alat kesehatan (alkes) seperti CT-Scan, X-Ray, Dental Panoramic, Ultra Sonografi (USG), Electro Encephalografi (EEG) dan Electro Myografi (EMG) yang berada di ruang tersebut tidak terbakar.

"Jadi yang terbakar itu adalah UPS. Agar pelayanan tidak terhenti maka akan kita tanggulangi melalui anggaran Badan Layanan Umum (BLU). Karena target saya, dua atau tiga bulan UPS ini sudah bisa difungsikan," ujarnya.

Sedangkan gedungnya, dikarenakan melekat pada anggaran APBD, maka akan direhab oleh Pemkot Singkawang. Meski alat kesehatan (alkes) RSUD Abdul Aziz Singkawang tidak terbakar namun saat ini masih belum bisa dioperasikan.

"Hal itu dilakukan guna mengecek apakah ada kerusakan pada alat-alat kesehatan tersebut. Sehingga kita harus mendatangkan teknisinya untuk melakukan pemeriksaan alat," ungkapnya.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berjanji akan segera memperbaiki gedung yang terbakar. 

"Saya sudah rapat bersama Pak Carlos, dan Pak Carlos juga sudah menyampaikan kronologis kebakarannya seperti apa. Yang jelas akan segera kita perbaiki," katanya. (rud/jee)