Tunjangan Profesi Tak Pengaruhi Motivasi Guru

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 1014

Tunjangan Profesi Tak Pengaruhi Motivasi Guru
Ilustrasi. Net
SINGKAWANG, SP - Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syarif Abdurrahman Singkawang, Rubi Awaliyah dan Aliyansah mempresentasikan hasil penelitian terhadap pengaruh penerimaan Tunjangan Profesi Guru (TPG) terhadap pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) Madrasah Aliyah se-Kota Singkawang, di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Selasa (20/3).

"Penelitian ini kita mencari pengaruh penerimaan tunjangan profesi guru terhadap pengembangan profesi berkelanjutan di Madrasah Aliyah se-Kota Singkawang," kata Aliansyah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ternyata tidak ada pengaruh penerimaan tunjangan profesi guru terhadap pelaksanaan pengembangan profesi berkelanjutan.

"Oleh karena itu dapat menjadi rujukan pihak berwenang dalam mengambil kebijakan, dan dapat dijadikan bahan untuk mencari solusi, bagaimana untuk meningkatkan motivasi bagi guru untuk pengembangan profesi berkelanjutan di masa mendatang," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STIT Syarif Abdurrahman Singkawang, Hamidi Mi'raj mengatakan, hasil penelitian dosen ini bersifat obyektif dan mengungkapkan apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru tentang pelaksanaan tugas sesuai tuntutan pendidikan.

"Yang melaksanakan penelitian ini dosen kita, penelitiannya setahun yang lalu dan baru sempat di seminarkan hari ini dan dihadiri para guru Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta, juga dihadiri alumnis STIT dan beberapa staf yang terkait dalam bidang keprofesian Kemenag,” katanya. (rud/jee)