Rabu, 16 Oktober 2019


Operasi PETI di Singkawang Amankan 18 Tersangka

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 451
Operasi PETI di Singkawang Amankan 18 Tersangka

Barang bukti PETI yang diamankan. (Ist)

SINGKAWANG, SP - Polres Singkawang telah melaksanakan operasi Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Kapuas 2017 di wilayah hukum Polres Singkawang. 

Kepala Bagian Operasi Polres Singkawang, Kompol Florentus Situngkir mengatakan, operasi yang dimulai dari tanggal 10 April sampai dengan 23 April 2018 setidaknya telah mengamankan sebanyak 18 pelaku PETI.  

"Dalam operasi ini kita telah mengamankan 18 tersangka dari beberapa Tempat Kejadian Perkara (TKP) seperti di Jalan Wonosari Kelurahan Roban Kecamatan Singkawang Tengah, Jl Sungai Pinang Kelurahan Sagatani dan lokasi Embung Kelurahan Pajintan Kecamatan Singkawang Timur," kata Situngkir, Selasa (24/4).

Sementara personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut, yakni sebanyak 25 personel inti dan dibackup oleh beberapa personel Polres Singkawang.

Tak hanya mengamankan belasan tersangka, polisi juga ikut mengamankan barang bukti, termasuk mesin dongfeng. 

Sedangkan barang bukti yang tidak bisa dibawa, pihaknya musnahkan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan cara dibakar yakni ada sebanyak 12 set mesin dongfeng tersebut.

"Sisa barang bukti yang masih berada di lapangan yang memungkinkan tidak dapat dibawa ke kantor terpaksa kita musnahkan di tempat," ujarnya.

Tujuannya, jelas dia, alat yang dimusnahkan agar tidak dapat dipergunakan kembali bagi pekerja PETI. (rud)