Selasa, 24 September 2019


Helikopter Water Booming Dikerahkan Padamkan Karhutla di Singkawang

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 611
Helikopter Water Booming Dikerahkan Padamkan Karhutla di Singkawang

Foto udara kebakaran hutan dan lahan di Nyarungkop Singkawang. ( Ist)

SINGKAWANG, SP - Kota Singkawang terpaksa harus menggunakan water booming untuk memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Air Hitam, Jalan Sagu, Kelurahan Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Selasa (14/8).

Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Singkawang, Yuyu Wahyudin membenarkan hal tersebut.

"Alhamdulillah kebakaran lahan di Singkawang Timur seluas 20 hektare dapat terkendali serta tidak menyisakan asap. Jadi hanya tinggal mopping up atau pemadaman api kecil saja," kata Yuyu.

Sementara itu, kebakaran lahan hingga hari ini masih saja terjadi di Kota Singkawang, seperti lahan yang tak jauh dari STKIP Singkawang, Taman Cinta Water Boom Pajintan serta Perumnas yang tak jauh dari pemukiman warga.

"Teman-teman baru saja pulang dari STKIP, kemudian lanjut lagi ke Perumnas karena ada kebakaran lahan mengarah ke pemukiman warga," ujarnya.

Diduga kebakaran lahan yang terjadi akibat kelalaian karena ada lahan yang sengaja dibakar sendiri.

"Dikarenakan setelah membakar tidak dijaga, sehingga apinya merembet ke mana-mana," ungkapnya. 

Untuk kebakaran lahan yang tak jauh dari kampus STKIP, tambahnya, penyebab kebakaran dikarenakan ada anak kecil yang sedang bermain api dan kebetulan di dekat mereka ada bekas tebasan rumput kering. 

"Awal mula api terletak di belakang komplek rumah STKIP yang kemudian memunculkan titik api baru hingga ke pinggir jalan menuju STKIP, jadi ini bukan karena puntung rokok," jelasnya. (rud)