50 Warga Singkawang Dicurigai Alami Hepatitis A

Singkawang

Editor Indra W Dibaca : 771

50 Warga Singkawang Dicurigai Alami Hepatitis A
Kadis Kesehatan beserta staf dan petugas Puskesmas se-Kota Singkawang menggelar rapat untuk membahas langkah-langkah yang akan dilakukan menyusul adanya temuan dugaan Hepatitis A. (SP/Rud)
SINGKAWANG, SP - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang mencatat ada sebanyak 50 orang dicurigai mengalami Hepatitis A. 

"Sebagian besar data sudah masuk ke kami, cuma perlu kita investigasi lanjut (penyelidikan epidemiologis) di lapangan, apakah ada penderita lainnya yang diduga mengalami Hepatitis A," kata Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang, A Kismed, usai menggelar rapat bersama staf dan petugas Puskesmas se-Kota Singkawang, Sabtu (1/9). 

Menurutnya, sebanyak 50 penderita yang dicurigai mengalami Hepatitis A saat ini telah menyebar di lima kecamatan yang ada di Kota Singkawang. Bahkan sudah ada penderita yang menjalani rawat inap seperti di Rumah Sakit Vincentius, Abdul Aziz dan DKT. 

"Tujuh orang sedang menjalani rawat inap di Rumah Sakit Abdul Aziz, 12 orang dirawat di Rumah Sakit Vincentius dan satu orang di Rumah Sakit DKT. Sementara sisanya masih menjalani rawat jalan di rumah masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, dari 50 orang yang dicurigai mengalami Hepatitis A, sebagian besar merupakan orang dewasa dan anak usia sekolah. 

Terkait dengan kasus ini, dia pun mengimbau kepada masyarakat tidak perlu terlalu khawatir, tapi selalu waspada. Untuk menghindari penyebaran virus tersebut terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

"Cegah anak agar tidak jajan sembarangan di luar rumah. Bila perlu, bekali anak makanan dan minuman saat mau berangkat ke sekolah," pesannya.

Kemudian, sebelum dan sesudah beraktivitas upayakan tangan dicuci bersih-bersih pakai sabun. 

"Kalau masak air pastikan air yang dimasak betul-betul bersih dan matang. Jangan sewaktu mendidih langsung dimatikan, tapi biarkan dulu selama 5 sampai 10 menit baru matikan kompor," pintanya. (rud)